Warga Tertidur Pulas, Oven Tembakau di Desa Jerowaru Hangus Terbakar

  • Whatsapp
Upaya Pemadaman Yang Dilakukan Petugas Pemadam Kebakaran di Salah Satu Oven Tembakau di Jerowaru./ Foto : Suandi Yusuf/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Satu unit oven tembakau milik L. Abdul Manan, salah satu warga  Dusun Jerowaru Daye Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, ludes terbakar saat warga sedang tertidur pulas, Sabtu dini hari, 11 September 2021.

Hasil pantauan wartawan www.ntbpos.com di lapangan, api mulai terlihat berkobar sekitar pukul 02.00 wita dan disertai dengan beberapa kali suara letupan yang terdengar hingga radius 100 meter.

Lokasi kebakaran oven yang berada cukup dekat dengan pemukiman warga sempat membuat warga sekitar panik dan langsung mematikan semua aliran listrik di rumah masing-masing.

Seorang warga sekitar yang rumahnya berdampingan dengan lokasi kebakaran, Marta Anwar (25) menuturkan, dirinya orang pertama yang melihat kejadian karena mendengar suara ledakan kecil dari pintu oven yang berbahan seng.

“Api tiba-tiba sudah saya lihat membesar sehingga saya langsung minta tolong sama warga sekitar yang masih bangun dan langsung melakukan upaya pemadaman dengan alat seadanya. Sementara sebagian warga membantu mengevakuasi barang yang dapat memicu merembetnya kebakaran,“ katanya.

Baca Juga

Pemicu api diduga akibat ada tembakau 1 ikat (Gelantang, red) yang terjatuh dan mengenai kompor sehingga api dengan cepat menjalar dan menghanguskan seluruh oven beserta seluruh isinya.

“Melihat kondisi api yang semakin membesar, saya langsung hubungi pos Pemadam Kebakaran Keruak untuk minta pertolongan karena upaya pemadaman sudah dilakukan warga namun alat yang terbatas dan sumber air cukup jauh sehingga kobaran api tidak terkendali,“ tuturnya.

Api berhasil dipadamkan sekitar 1 jam kemudian setelah 1 unit Pemadam Kebakaran Pos Keruak datang ke lokasi. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa tersebut namun kerugian diperkiran mencapai Rp. 50 Juta rupiah. np

Berita Terkait

Leave a Reply