Tim Sengketa Pilkades Kantongi Gugatan, Calon Dari 3 Desa Belum Puas

  • Whatsapp
Dr. H. As’ad, Ketua Tim Sengketa Pilkades Serentak Lombok Timur Tanun 2021./Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Meski telah berakhir beberapa waktu lalu, Pemilihan Kepala Desa serentak tahap 3 di Lombok Timur masih menyisakan persaingan, pasalnya dari 29 Desa yang melaksanakan Pilkades, terdapat 3 calon yang merasa belum puas dengan hasil penghitungan suara sehingga melayangkan gugatan.

Ketiga calon yang mengajukan gugatan tersebut yaitu salah satu calon Kades Desa Pohgading, Kecamatan Pringgabaya, Desa Aikmel, Kecamatan Aikmel dan Desa Obel-Obel Kecamatan Sembalun.

Ketua Panitia Sengketa Pilkades, Dr. H. As’ad, SH, MH mengatakan, tahap penyelesaian sengketa masih dalam fase menginventarisasi permasalahan yang diajukan oleh pemohon, kemudian hari Kamis mendatang akan di Fasilitasi penyelesaian masalahnya.

“Sekarang masih tahap inventarisasi masalah pemohon,“ katanya kepada NTBPOS, Selasa, 3 Agustus 2021 di Bale Mediasi Lombok Timur.

As’ad juga menyebut, salah satu permasalahan pada sengketa Pilkades tahun ini adalah penghitungan suara, yang dimana di Desa Pohgading terdapat selisih 7 suara antara salah satu calon.

Baca Juga

“Untuk Desa Pohgading permasalahannya adalah penghitungan suara, sedangkan yang lainnya belum kami ketahui detail permasalahannya,“ ujarnya.

Lebih jauh As’ad menjelaskan, hasil kerja Tim sengketa nantinya menjadi rujukan ke Bupati dan dijadikan pertimbangan, kalaupun masih belum puas boleh mengajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

“Kalaupun keputusan Bupati belum diterima, boleh mengajukan gugatan ke PTUN,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply