Tim Puma Polres Lotara Amankan Terduga Pelaku Pencurian Pipa Air

  • Whatsapp
Terduga Pelaku Saat Diamankan Tim Puma Satreskrim Polres Lotara./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.co

LOMBOK UTARA – Tim Puma Satreskrim Polres Lombok Utara (Lotara) berhasil mengamankan pelaku dan penadah terkait tindak pidana pencurian pipa air masyarakat tiga Dusun di Desa Loloan, Kecamatan Bayan, Selasa, 13 Juli 2021.

Kapolres Lombok Utara melalui Kasat Reskrim, IPTU I Made Sukadana menjelaskan, pihaknya telah mengamankan SK (47), asal Dusun Loloan dan SR (58) selaku penadah, asal Dusun Batu Grantung, Desa Loloan, Kecamatan Bayan, KLU.

Dijelaskannya, kejadian tersebut diketahui berawal dari laporan masyarakat di 3 dusun mengeluhkan air yang datang sangat kecil karena biasanya debit air cukup besar, selanjutnya masyarakat meminta pada pekasih Desa untuk mengecek sumber mata air yang datang.

“Setelah dilakukan pengecekan, ternyata pipa yang menghubungkan mata air tersebut telah hilang dan terpotong. Selanjutnya, masyarakat melaporkan kejadian itu,“ tuturnya.

Dari laporan masyarakat tersebut, tim melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi terkait pelaku dan Barang Bukti (BB). “Tim bersama unit Reskrim Bayan berhasil mengamankan pelaku,“ ujarnya.

Baca Juga

Dari hasil introgasi, pelaku mengakui perbuatannya dan pipa hasil curian tersebut sudah dijual ke temannya berinisial J di Dusun Grantung, Desa Loloan Kecamatan Bayan, seharga Rp 700 ribu.

Selanjutnya tim mendatangi rumah terduga penadah untuk dimintai keterangan, namun pipa yang di beli dari pelaku sudah dibuat sebagai bahan pembuatan garasi rumah.

“Di lokasi kejadian kami amankan BB di berupa 6 lonjor Pipa HDPE warna Hitam ukuran 4 inci dengan panjang 6 meter, 4 lonjor HDPE ukuran 3 inci panjang 16 Meter dan 4 lonjor pipa PVC, ukuran 4 inci dengan panjang 4 Meter,“ tuturnya.

Sukadana menambahkan, saat beraksi, pelaku mengambil beberapa lonjor pipa merk HDPE dan PFC milik korban pada saat situasi di TKP dalam keadaan sepi, dengan cara mencabut dan memotong pipa.

“Saat ini pelaku dan penadah sudah diamankan di kantor Satreskrim Polres Lotara guna dilakukan penyidikan dan proses hukum lebih lanjut,“ np

Reporter : Unrara Angan
Editor : Suandi Yusuf

Berita Terkait

Leave a Reply