Tiga Galian C Tak Berizin di Kecamatan Lenek Ditutup

  • Whatsapp
Lokasi Tambang Yang Ditutup Pemerintah./ Foto : Unrara Angan/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lombok Timur menutup tiga Galian C tidak berizin di Desa Gapuk Daya, Kecamatan Lenek, Kamis, 3 Juni 2021.

Sesuai Perda Nomor 8 Tahun 2013 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sehingga kegiatan penambang Galian C yang dilakukan secara ilegal merupakan bentuk perbuatan melawan hukum.

Hal itu dikatakan Sunrianto, Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan, Sat Pol PP Lombok Timur, kepada NTBPOS.

“Galian C tersebut kami tutup sesuai dengan atauran, kami sudah memberikan teguran sebelumnya dengan memasang pelang penyegelan di area tersebut,“ ucapnya.

Saat proses penyegelan, lanjutnya, tidak terlihat ada aktivitas penambangan dan pemilik tidak ada.

Baca Juga

“Tidak terlihat ada aktivitas penambang di lokasi, hanya ada buruh yang sedang membersihkan pasir dan masih banyak di lokasi tersebut Galian C yang tidak memiliki izin, nantinya akan kami tindak lebih lanjut,“ katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Pencemaran Lingkungan Hidup, Tohri Habibi mengatakan, galian C yang di tutup tersebut hampir tidak ada dampak lingkungannya karena sudah melakukan penambangan sesuai SOP.

“Hanya saja mereka menambang sampai ke pinggir jalan raya dengan kedalaman mencapai 3 meter, jika di lanjutkan jalan ini akan rusak, sehingga kami minta didampingi Satpol PP untuk menutup lokasi tambang tersebut,“ jelasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply