Tetap Waspada, Kini Varian Baru Covid Sudah Masuk di Indonesia

  • Whatsapp
Gambar : Ilustrasi/www.ntbpos.co

LOMBOK TENGAH – Pertanggal 20 Juni 2021, Satgas Covid-19 Nasional melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) sebagai laboratorium rujukan nasional merilis data varian baru Covid-19 dengan nama alpha, beta, dan deltha.

Berdasarkan rilis data tersebut, semua jenis varian baru Covid-19 tersebut sudah menyebar dominan di pulau-pulau besar di Indonesia, seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Bali.

Di NTB sendiri, dijelaskan oleh koordinator Surveylans Satgas Covid-19 Lombok Tengah, Edi Sahroji ketika dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan, bahwasanya varian baru dari Covid-19 ini belum terdeteksi di NTB.

“Bisa jadi sudah ada ya, tapi karena belum dilakukan tes, ndak ada yang tau jadinya,“ ujarnya, Jum’at, 25 Juni 2021.

Karenanya, Edi berharap bisa dilakukan pemeriksaan dalam waktu dekat ini di NTB. Sebab menurut ahli kutif Edi, varian baru Covid-19 ini lebih ganas dan penyebarannya lebih cepat.

Baca Juga

Gejala-gejala yang ditimbukan oleh varian baru ini juga lebih banyak, lanjutnya. Seperti mual, muntah, kehilangan nafsu makan, diare dan sakit perut, nyeri sendi, gangguan pendengaran, pembekuan darah serta gangren.

Bukan hanya itu, salah satu varian baru jenis Delta yang datang dari India, potensi yang ditimbulkan lebih parah dibanding ke-2 varian lainnya. Potensinya itu seperti 1,6 kali potensi masuk UGD setelah 2 pekan terinfeksi, 40-50 % lebih menular dari vafian alfa dari Inggris, potensi keparahan pada anak-anak lebih besar, sudah lebih dari 60 negara penyebarannya dan penanganan medisnya lebih sulit.

Edi Sahroji berharap, pemerintah dan masyarakat harus satu hati untuk menghadapi pandemi ini bareng-bareng. Ia juga berharap kepada masyarakat untuk memperkuat 5 M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak aman ketika beraktifitas di luar, menghindari keramaian, mengurangi mobilisasi, dan terakhir harus siap divaksin. np

Berita Terkait

Leave a Reply