Terseret Arus, KMP Permata Lestari II Kandas di Gili Kondo

  • Whatsapp
Tim SAR Mataram, TNI, Polri, dan unsur lainnya melakukan evakuasi penumpang KM Permata Lestari II di Gili Kondo, Sambelia, Lombok Timur, Selasa, 05 Oktober 2021. / Foto : Dok. Kantor SAR Mataram

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Kapal Motor Penumpang (KMP) Permata Lestari II yang berlayar dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat menuju Pelabuhan Kayangan Kabupaten Lombok Timur kandas di Gili Kondo.

Kapal yang mengangkut 47 orang penumpang dari Pelabuhan Poto Tano itu terseret arus dan kandas di sekitaran Gili Kondo, Sambelia, Lombok Timur, pada Selasa malam, (04/10) sekitar pukul 23:30 Wita.

“Kami terima laporan 10 menit kemudian, Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Mataram menerjunkan personil Pos SAR Kayangan untuk melakukan evakuasi menggunakan Rigit Inflatable Boat (RIB),” kata Kepala Kantor SAR Mataram, Nanang Sigit PH, Selasa, 5 Oktober 2021 melalui keterangan tertulis.

Nanang mengatakan upaya penyelamatan seluruh awak kapal dan penumpang. Tim SAR Mataram telah menerjunkan seluruh personel menuju lokasi.

“Kami menerjunkan personil sejak kemarin malam bersama TNI, Polri, UPP Pelabuhan Kayangan dan unsur lainnya,” jelas Nanang.

Baca Juga

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun dari awak kapal, penyebab kandasnya kapal tersebut akibat terseret arus.

“Memang arus lagi kencang dan angin semalem,” kata . evakuasi seluruh awak kapal dan penumpang dilakukan dengan cara memindahkan korban ke kapal penumpang lainnya.

“Kami menjemput seluruh awak kapal dan penumpang yang berada di sekitar lokasi kejadian. Alahamdulillah, pada pukul 09.58 Wita seluruh korban berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Kayangan dalam keadaan selamat,” ujarn Nanang. np

Berita Terkait

Leave a Reply