Tahun 2022, 40 Persen DD Diperuntukkan Untuk BLT

  • Whatsapp
Penyerahan BLT secara simbolis oleh Sekretaris Desa Sepit, Muhammad Sulhan Hadi ke masyarakat penerima./ Foto : Hardi / www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 104 tahun 2021, 40 persen dari Dana Desa (DD) khusus diperuntukkan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

BLT merupakan bantuan langsung dari pemerintah pusat sebagai bentuk penanggulangan atas pandemi Covid-19 karena telah menyebabkan merosotnya ekonomi masyarakat.

Dalam Perpres tersebut juga ditentukan nominalnya bagi setiap penerima yaitu sebesar Rp 300 ribu per bulan, sehingga jika dikalkulasikan setiap penerima akan menerima Rp 3 juta 600 ribu per tahun.

Sekretaris Desa Sepit, Muhammad Sulhan Hadi menjelaskan, jumlah penerima di setiap desa tergantung dari jumlah penduduk di masing-masing desa tersebut.

Jumlah DD yang akan didapatkan juga tergantung dari jumlah penduduknya, dimana telah ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan tahun 2021.

Baca Juga

“Di Desa Sepit sendiri jumlah penerima BLT ini sebanyak 117 orang,“ katanya kepada media ini ketika ditemui di ruang kerjanya Rabu, 5 Januari 2022 kemarin.

Adapun penerima BLT tersebut akan ditentukan setelah Musyawarah Dusun atau penunjukan langsung oleh Kepala Dusun karena dinilai sudah mengetahui keadaan masyarakatnya.

“Nama-nama yang direkomendasikan oleh Kepala Dusun itu kemudian dibuatkan Peraturan Desa (Perdes) atau Peraturan Kepala Desa (Perkades),“ imbuh Sulhan.

Pencairan BLT itu sendiri akan disalurkan ketika DD sudah ditransfer dari Pemerintah Pusat. Untuk termin pertama, DD biasanya dicairkan pada bulan Maret atau paling lambat April. np

Berita Terkait

Leave a Reply