Tahun 2019, 64 Kasus Pencurian Berhasil Diungkap Polres Lotim

  • Whatsapp
Polres Lombok Timur Menggelar Konfrensi Pers, pengungkapan Kasus Kejahatan Pencurian di Lombok Timur Tahun 2019. Senin, 02 Desember 2019./ Foto: M.Nurjihadi@NTBPOS.CO.ID

NTBPOS.CO.ID – Polres Lombok Timur mengungkap 64 (enam puluh empat) laporan kejahatan 3C (Curas, Curat dan Curanmor) sejak Januari sampai dengan Desember 2019.

Sebanyak 79 ( tujuh puluh sembilan) tersangka, dengan Dewasa 70 Orang dan 3 orang pelaku masih bawah umur.

Dari jumlah tersangka tersebut, 18 Orang ditahan di Polres Lotim, 3 orang dilimpahkan dari paramita ke Kejaksaan Negeri, sisanya 58 orang dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Selong untuk Tahap II.

Sedangkan jumlah Barang Bukti (BB) yang sudah diamankan berupa Kendaraan Roda 2 (R2) Sebanyak 82 Unit, dari BB itu, 30 unit di tahap II dan 52 Unit diamankan guna penyidikan dan barang temuan.

Untuk BB berupa Kendaraan Roda 4 berjumlah 10 Unit. Roda 6, sebanyak 2 Unit, mesin sampan 6 unit, laptop 2 unit, Handphone 10 unit, kunci T 2 buah dan 2 buah senter. Sementara barang bukti yang digunakan para pelaku, 7 bilah Parang. Sehingga total berjumlah 119 Barang Bukti dari 64 kasus yang berhasil diungkap Polres Lombok Timur.

Baca Juga

Hal tersebut dikatakan Kapolres Lombok Timur, AKBP Idabagus Made Winarta S.I.K. didampingi Waka Polres , Kompol Bayu Eko Pandu Winoto, S.I.K. dan Kasat Reskrim, AKP I Made Yogi Purusa Utama, S.I.K beserta jajaran polres lotim.

Kapolres membeberkan, sejumlah kasus kejahatan yang diungkap pihaknya di tahun 2019. itu berdasarkan laporan masyarakat dan dukungan para pihak terkait.

Menurutnya, sebagian besar pelaku melakukan kejahatan pencuri tersebut dipicu karena kebutuhan untuk mengkonsumsi Narkoba.

Sehingga mereka sebagian melakukan aksi pencurian direkrut melalui jaringan narkoba.

Dari sekian tersangka ini, ada tersangka yang spesialis atau residivis pencurian yang kerap beraksi di beberapa wilayah Di NTB.

” Alhamdulilah berkat dukungan semua pihak, kita dapat ungkap 64 kasus, berdasarkan laporan masyarakat. Sejumlah barang bukti tersebut ada yang sudah dikembalikan ke pemiliknya dan hari ini para pemilik sudah hadir langsung untuk mengambil motor maupun mobil yang dicuri pelaku”. ungkap Kapolres Lotim saat menggelar Konfrensi Pers, Senin, 02 Desember 2019, di Polres Lombok Timur.

Sementara itu, salah satu korban pencurian, warga Montong Gading mengungkapkan rasa kebahagiaannya karena Mobil miliknya telah berhasil ditemukan pihak kepolisian.

” Saya sangat bersyukur kepada bapak polisi yang sudah menemukan mobil saya, waktu itu mobil saya di garasi rumah, lengkap dengan pengamannya namun lenyap dicuri, tapi karena kerja keras polres, alhamdulilah mobil saya bisa kembali meskipun ada beberapa bagian yang telah diubah oleh pelaku.” Ucap Korban di hadapan awak media.

Hal senada juga disampaikan oleh Korban asal Sukamulia yang saat itu Motornya dicuri.

” Waktu itu anak saya nonton balap di Labuhan haji kemudian tiba- tiba pelaku datang mengaku- ngaku sebagai polisi dan anak saya lari meninggalkan motornya ditempat parkir,” tutur salah satu korban pencurian.

Sedangkan, saat ditanya, Kapolres di depan awak media, salah satu Pelaku pencurian Mobil tersebut, mengaku menyesali perbuatannya.

” Saya tidak akan mengulanginya lagi, saya udah cukup sakit dengan peluru, dan saya mohon ampun dan minta maaf kepada masyarakat atas perbuatan yang telah saya lakukan.” Kata Pelaku saat ditunjukan Kapolres ke hadapan Awak Media.

Oleh karena itu, Polres Lombok Timur, Idabagus W. mengimbau kepada Masyarakat untuk selalu waspada dan meningkatkan Ronda Malam di setiap Desa masing-masing untuk meminimalisir dan mencegah kejahatan pencurian.

Berdasarkan keterangan Pers Polres Lotim, angka kasus kejahatan pencurian di Lombok Timur Menurun pada Tahun 2019.

Di akhir Konfrensi Pers yang digelar itu, Kapolres juga memberikan cinderamata kepada Wartawan Lombok Timur yang telah mengekspos kasus yang berhasil diungkap, dan diharapkan kerjasama Media tetap berjalan dengan baik. [] NP – *

Video Cuplikan Press Confrence Polres Lombok Timur: 

Berita Terkait

Leave a Reply