Syamsul Lutfhi : Sengketa Lahan ITDC Harus Segera Diselesaikan

  • Whatsapp
Sirkuit MotoGP, Kuta Mandalika, Lombok Tengah. Dok/Lombokini.com

JAKARTA, NTBPOS.com – Anggota DPR RI HM. Syamsul Luthfi mendesak PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) segera menyelesaikan sengketa lahan sirkuit Mandalika supaya tidak berlarut-larut.

Syamsul Luthfi meminta hak-hak pemilik tanah untuk dipenuhi supaya gelaran balap dapat terlaksana dengan baik.

“Penyelesaian kasus ini sesungguhnya sangat gampang kalau memang ITDC serius. Verifikasi saja data tanah masyarakat, lalu bayar tanah yang sudah terverifikasi. Bukan justru gembar gembor mengklaim tanah masyarakat tapi tidak berani sandingkan data,” ungkapnya, Rabu, 22 Juli 2020, melalui keterangan tertulis.

Anggota Fraksi NasDem ini menegaskan, akan terus memperjuangkan hak masyarakat yang tanahnya tak kunjung dibayar PT ITDC. Hal ini supaya tidak satu orang pun rakyat yang dirugikan dalam pembangunan proyek ini.

Baca Juga

“Sampai kapanpun, saya akan berdiri membela masyarakat jika lahan mereka diambil paksa,” tegas Syamsul Luthfi.

Selaku Wakil Rakyat, Syamsul Luthfi meminta kepada pemerintah untuk menggunakan pola pendekatan sosial dan menghindari pola pendekatan kekuasaan. Dengan begitu, sengkarut lahan yang sudah berlangsung lama ini dapat segera dituntaskan.

“Karakter masyarakat kita itu tidak pernah mau mengaku-ngaku kalau bukan haknya lagi. Buktinya 1.035 hektare yang sudah dibebaskan tidak pernah ada yang ngaku-ngaku lagi sebagai pemilik lahan,” ujar kakak TGB M. Zainul Majdi.

Pola pendekatan represif sudah tidak tepat digunakan lagi saat ini. Selain dapat menimbulkan masalah baru juga tidak mencerminkan nilai-nilai luhur bangsa ini yang tercermin dalam Pancasila.

Syamsul Luthfi yang juga merupakan cucu Pahlawan Nasional, ( Almagfurullahu Maulana Syaikh TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid ) itu  mendorong musyawarah menjadi jalan utama untuk menyelesaikannya.

“Pak presiden sudah memberikan contoh berkali-kali soal cara penyelesaian lahan, ITDC seharusnya mengikuti pola itu. Jika serius, satu minggu saja masalah ini pasti selesai. Gampang sekali karena semua sudah jelas,” tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *