Sugian dan Paremas Terpilih Terima Bantuan Penataan Desa Wisata

  • Whatsapp
Hj. Martaniati, Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa, Dinas PMD Lotim./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memberikan bantuan anggaran untuk penataan sejumlah desa wisata di Kabupaten Lombok Timur, kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung Desa Pariwisata.

Pada gelombang kedua tahun 2021, di Lombok Timur terdapat 2 Desa yang akan menerima bantuan Rp 600 juta pada awalnya, namun karena refocusing turun menjadi 300 juta yakni Desa Pare Mas Kecamatan Jerowaru dan Desa Sugian Kecamatan Sambalia.

Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Desa, DPMD Lotim, Hj. Martaniati menyatakan, pada gelombang kedua ini ada dua Desa yang mendapat bantuan dari Kemendes yakni Sugian dan Pare Mas,“ katanya, Senin, 13 September 2021.

Terpilihnya dua Desa tersebut, lanjutnya, merupakan usulan dari Desa kemudian dinas PMD yang mengajukan ke Kementerian, mengingat ketika pengusulan Kemendes berupaya mendukung daerah yang memang memiliki potensi pariwisata.

“Pada dasarnya semua Desa kami usulkan, tetapi pusat yang memutuskan 2 Desa itu,“ ungkapnya.

Baca Juga

Dijelaskannya, Desa Pare Mas akan membangun akses jalan menuju wisata mangrove. Sementara di Desa Sugian akan dibangun Homestay dengan sistem padat karya.

“Di samping untuk membangun pariwisata, lebih kepada upaya pemulihan ekonomi,“ katanya.

Lebih jauh ia berharap, Desa yang diberikan kepercayaan oleh Kementerian untuk menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin dan memelihara fasilitas yang dibangun.

“Semoga kedua Desa itu tidak mengecewakan tentunya,“ harapnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply