Semua Desa/Kelurahan di Lotim Diharapkan Responsif Terhadap Program Pusat

  • Whatsapp
L. Dami Ahyani, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesekretariatan Setda Lotim./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Program pusat yang diturunkan ke daerah melalui Balai Prasarana Wilayah se Bali Nusra, khususnya di Kabupaten Lombok Timur untuk infrastruktur dan pelayanan dasar di pemukiman kumuh perkotaan tahun 2021 sudah rampung.

Hal tersebut ditandai setelah dilakukan serah terima laporan pengerjaan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dan Program Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (Pisew) oleh Pemerintah Desa dan Kelurahan penerima program itu ke Pemerintah Kabupaten Lombok Timur pada Senin, 20 Desember 2021 di Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesekretariatan Setda Lotim, Lalu Dami Ahyani menjelaskan, program pusat Kotaku dan Pisew itu ditangani oleh Dinas yang berbeda. Dimana Kotaku ditangani oleh Dinas PUPR dan Bappeda, sementara Pisew ditangani oleh Dinas Perkim.

“Program itu untuk infrastruktur, pelayanan dasar seperti rumah layak huni, sanitasi lingkungan untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat,“ katanya ketika ditemui di ruang kerjanya pada, Selasa, 21 Desember 2021.

Sebagai pemerintah terbawah yang mengetahui kondisi masyarakat, pemerintah Desa/Kelurahan diharapkan responsif dengan program pusat itu.

Dijelaskannya, mekanisme kerja program fisik melalui Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sebagai mitra pemerintah untuk mengerjakan program Kotaku dan Pisew itu. BKM ini kemudian merekrut tenaga dari masyarakat setempat untuk pemberdayaan.

Adapun untuk target program Kotaku dan Pisew selanjutnya akan dibahas dan direncanakan tahun 2022 nanti.

Sebanyak 13 Desa/Kelurahan penerima program Kotaku tahun 2021 seperti Kelurahan Selong, Desa Keselet, Kelurahan Majidi, Desa Songak, Denggen, Denggen Timur, Kertasari, Kembangsari, Rumbuk Timur, Terara, Kelurahan Rakam, Kelurahan Tanjung dan Kelayu Jorong.

Sementara Program Pisew diterima oleh 6 Desa yaitu Sakra Barat, Pringgabaya, Suela, Lenek, Sakra, dan Sakra Timur. np

Berita Terkait

Leave a Reply