Sekolah Negeri di Lotim Masih Kekurangan Ribuan Guru PNS

  • Whatsapp
Alimuddin Mesir, Kepala Bidang Peningkatan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR – Satuan pendidikan Dasar dan Menengah Pertama di Kabupaten Lombok Timur masih membutuhkan tambahan guru PNS, mengingat jumlah guru yang ada saat ini masih belum memadai.

Kepala Bidang Peningkatan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Alimuddin Mesir mengatakan, jumlah guru di Lotim untuk saat ini yang masih tersisa dari TK sampai SMP mencapai 5.217 orang.

“Sejak 2019 lalu tidak ada pengangkatan guru PNS sampai saat ini,“ katanya, Selasa, 12 Oktober 2021.

Alimuddin menambahkan, sampai saat ini masih kekurangan 791 orang guru PNS untuk SMP yang ada, sementara untuk SD kekurangan 3.264 Guru PNS, angka tersebut mengacu pada jumlah rombongan belajar (Rombel).

Tidak hanya itu, kebutuhan Kepala Sekolah masih belum terpenuhi karena pada Desember 2021, ada 59 Kepala Sekolah yang akan pensiun, sementara hanya 31 orang yang di Diklat, sedangkan sekolah yang membutuhkan Kepala Sekolah sebanyak 68.

Baca Juga

“Kepala Sekolah juga kita masih banyak kekurangan tenaga,“ ujarnya.

Dirinya berterima kasih kepada para guru honorer, mengingat hadirnya mereka di samping untuk mengisi kekurangan tenaga guru, juga dapat meminimalisir ketidakefektifan pembelajaran, karena peserta didik sangat membutuhkan kehadiran mereka.

“Guru honorer sejauh ini mampu mengisi kekosongan, 90 persen mereka ikhlas dalam mengajar,“ jelasnya.

Lebih jauh Alimuddin menyebutkan, dengan adanya sinyal baru dari Kementerian yang membolehkan Guru penggerak diangkat menjadi Kepala Sekolah, hal tersebut lantaran para guru penggerak mendapatkan Diklat selama 9 bulan.

“Dengan adanya aturan baru, guru penggerak dapat diangkat menjadi Kepala Sekolah tanpa Diklat,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply