Sekitar 63 Unit Rumah di Sape Terbakar, Kerugian Ditaksir Mencapai Rp 7 Miliar

  • Whatsapp
Warga Sape Saat Berupaya Memadamkan Api Dengan Peralatan Seadanya. / Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

BIMA, NTBPOS.com – Sekitar 63 rumah warga di Dusun Kole Desa Naru, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima, siang tadi hangus terbakar sekitar pukul 14.00 wita, Minggu, 10 Oktober 2021.

Sekitar 25 rumah mengalami kerusakan terparah hingga hampir rata dengan tanah akibat kebakaran yang di duga berasal dari pembakaran sampah oleh warga setempat.

Kapolres Bima Kota, AKBP Henry Novika Chandra melalui Kapolsek Sape, Kompol Muslih membenarkan peristiwa tersebut dan menjelaskan dugaan sementara penyebab kebakaran akibat percikan api dari pembakaran sampah.

“Dugaan sementara, sumber api berasal dari api sampah yang dibakar dan ditinggal pergi warga, karena pengaruh angin kencang sehingga api merambat dengan cepat ke rumah salah satu warga,“ jelasnya.

Dikatakannya, sekitar pukul 14.50 Wita, sebanyak 5 unit mobil pemadam Kebakaran dari Kecamatan Sape dan Wawo dibantu warga sekitar, berusaha untuk memadamkan kobaran api yang cukup besar.

Baca Juga

“Api menyambar sangat cepat akibat keadaan pemukiman yang padat dan angin kencang. Selama hampir 3 jam petugas dibantu warga sekitar berhasil memadamkan api,“ katanya.

Hal senada diungkapkan Camat Sape, Akbar. Ia menambahkan bahwa, karena kobaran api yang cukup besar akibat banyaknya rumah yang terbakar menyebabkan petugas pemadam dibantu warga harus bekerja ekstra.

“Sekitar dua setengah jam api baru bisa dipadamkan. Empat kali mobil bolak balik, menambah air untuk padamkan api,” sebut Akbar.

Akibat peristiwa itu, lanjutnya, sejauh ini tidak ada laporan adanya korban jiwa namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp. 7 miliar. “Untuk mengetahui kerugian meterial, petugas masih melakukan pendataan,” ujarnya.

Sekitar pukul 16.30 Wita, masyarakat melakakukan pembersihan sisa kebakaran di rumah masing-masing. np

Berita Terkait

Leave a Reply