Sebelum Terima Vaksin Covid, Anak Usia 6-12 Tahun Harus Disuntik Campak

  • Whatsapp
Penyuntikan Vaksin Kepada Anak./ Foto : Ilustrasi/ www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Vaksinasi untuk anak usia 6 – 12 tahun di Lombok Timur akan segera dilaksanakan. Sebelum itu, penting juga dilakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada anak maupun orang tuanya dan pihak sekolah.

Syarat untuk vaksinasi anak berdasarkan ketentuan Pemerintah Pusat, pencapaian vaksinasinya harus mencapai 70% dan vaksinasi lansia di atas 60%.

“Sampai hari ini, Insya Allah kita sudah mencapai target Herd Immunity ,“ kata Budiman Satriadi, Juru bicara Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Lotim, Senin, 10 Januari 2022.

Saat ini, lanjut Budiman, pihaknya masih sedang menyelesaikan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (Bias), yaitu pemberian vaksin campak, Diphteria Tetanus dan Tetanus Diphteria kepada anak-anak usia 6 sampai 12 tahun.

“Sesuai dengan ketentuannya, vaksinasi anak itu dilaksanakan setelah 14 hari menerima Bias,“ ujarnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, pihaknya sudah menghimbau ke setiap fasilitas kesehatan untuk menyosialisasikan terkait vaksin anak. “Yang jelas dalam waktu dekat ini kita melaksanakan vaksinasi anak dari usia 6-12 tahun,“ tegasnya.

Sementara itu, kepala BLUD Puskesmas Selong, H. Sanurun menyatakan sudah melakukan sosialisasi vaksinasi untuk anak usia 6-12 tahun.

“Awal bulan ini sudah mulai kami melakukan sosialisasi terkait vaksinasi untuk anak ini,“ ujarnya.

Dijelaskan, dirinya melakukan sosialisasi vaksinasi anak usia 6-12 tahun tersebut, sembari memberikan pelayanan posyandu di setiap dusun.

Melalui sosialisasi tersebut, masyarakat tahu apa yang didapatkan, manfaatnya dan efek samping yang diterima setelah mendapatkan vaksin untuk anaknya.

“Data anak yang akan menerima vaksinasi di fasilitas kesehatan selong, 5.176 siswa, dari seluruh kelurahan yang ada di selong,“ ungkapnya.

Dirinya berharap, dalam pelaksanaan vaksinasi untuk anak ini dapat terlaksana secara maksimal.

“Begitu ada perintah dari Dikes untuk melaksanakan vaksin anak ini, tentu kami akan bersurat ke masing masing sekolah untuk memberitahukan jadwal pelaksanaanya,“ imbuhnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply