Satpol PP Lotim Razia Rokok Ilegal di Beberapa Pasar Tradisional

  • Whatsapp
Satpol PP Lotim Saat Melakukan Operasi di Salah Satu Pasar Tradisional./ Foto : Unrara Angan/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Sejumlah pedagang di beberapa pasar tradisional Lombok Timur (Lotim) terjaring razia oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) didampingi petugas bea cukai karena ditemukan menjual tembakau dan rokok ilegal tanpa pita cukai.

Kepala Bidang Penegakan Perundang-undangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lotim, Sunrianto menjelaskan tujuan dilakukannya operasi adalah untuk menegakkan aturan tentang cukai.

“Operasi kami lakukan untuk menegakkan UU Nomor 39 tahun 2007 tentang cukai dan Peraturan Kementerian Keuangan, Nomor 7 tahun 2020 tentang penggunaan, pemantauan dan evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT),“ jelasnya, Rabu, 17 Nobember 2021.

Terdapat 3 pasar yang menjadi sasaran operasi yakni pasar umum Sakra, pasar rakyat Montong Beter dan pasar umum Keruak.

Sementara sasaran operasi penegakan hukum cukai tembakau yakni produk hasil tembakau dan rokok batangan tidak dilengkapi pita cukai yang tengah beredar di pasar-pasar tradisional.

Baca Juga

“Sebanyak 11 pedagang yang menjual tembakau yang sudah di kemas tanpa izin kami temukan di 3 pasar. Rata-rata yang memproduksi dari Kecamatan Masbagik,“ katanya.

Lebih lanjut, dirinya bersama pihak bea cukai memberikan pemahaman kepada masyarakat yang berjualan tembakau dan rokok dalam kemasan agar dilengkapi dengan segel pita cukai.

Sementara barang bukti hasil sitaan diamankan dan di bawa ke Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Mataram. np

Berita Terkait

Leave a Reply