Sambut WSBK dan MotoGP, Ini Harapan SAR Mataram Kepada Komisi V DPR RI

  • Whatsapp
Rombongan Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke wilayah NTB, Senin, 11 Oktober 2021. / Foto: Istimewa/www.ntbpos.com

MATARAM, NTBPOS.com – Rombongan Komisi V DPR RI melakukan kunjungan kerja ke wilayah NTB, Senin, 11 Oktober 2021. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka meninjau kesiapan infrastruktur dan transportasi dalam menyambut ajang WSBK dan Moto GP di sirkuit Mandalika, Lombok Tengah.

Basarnas turut serta dalam rombongan yang diwakili Direktur Operasi dan Latihan Brigjen TNI (Mar) Rasman dan didampingi oleh Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram Nanang Sigit PH.

Bertempat di Lombok Astoria Hotel, Kakansar Mataram Nanang Sigit PH menyampaikan, dalam mendukung Kawasan Ekonomi Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, pihaknya telah menempatkan personil dan peralatan di kawasan tersebut.

Jumlah SDM, peralatan, dan fasilitas yang dimiliki sampai saat ini masih sangat terbatas. Mengingat wilayah kerja Kantor SAR Mataram sangat luas dengan dikelilingi oleh lautan, dan dilalui jalur ALKI yang merupakan alur untuk pelayaran kapal-kapal internasional.

“Kami berharap kedepan bisa dibangun dermaga kapal SAR, gedung Unit Siaga Mandalika dan Pos SAR Sumbawa serta penambahan personil,” papar Nanang Sigit PH melalui keterangan tertulis, Selasa, 12 Oktober 2021.

Baca Juga

Kakansar Mataram juga berharap diberikan kapal SAR dengan ukuran yang lebih besar. Karena selama penyelenggaraan operasi SAR di wilayah perairan selatan Lombok, kapal Rescue Boat 220 Mataram yang dimiliki saat ini terkendala gelombang tinggi.

Senada dengan Nanang, DPR RI meminta
agar unit siaga SAR Mandalika dinaikan statusnya menjadi pos SAR, personilnya ditambah serta alat utamanya juga mengikuti standar internasional.

Mengingat jika sukses dalam penyelenggaraan WSBK dan Moto GP, dipastikan banyak wisatawan internasional akan berkunjung ke kawasan KEK Mandalika. np

Berita Terkait

Leave a Reply