Rumah Warga di Sekitar Pesisir Ekas Buana Akan Direlokasi

  • Whatsapp
Ir. Sahri, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Guna menjaga masyarakat dari luapan air laut (Banjir Rob), Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Lombok Timur, akan merelokasi rumah warga Ekas Buana, Kecamatan Jerowaru.

Kepala Dinas Perkim, Ir Sahri mengatakan, sebanyak 13 unit rumah nantinya akan dibangun agak jauh dari laut dengan anggaran sekitar 50 juta rumah per-unit.

“Jadi untuk keseluruhan semula 70 unit, akan tetapi 13 rumah memang dalam kondisi tidak layak sehingga difokuskan,“ katanya kepada NTBPOS, Kamis, 15 Juli 2021.

Di samping untuk menghindari Banjir Rob, lanjut Sahri, relokasi tersebut juga merupakan upaya pemulihan ekonomi melalui sistem swakelola kepada masyarakat, terlebih lagi ditempat tersebut ada beberapa OPD yang memang akan membangun fasilitas di wilayah itu.

“Kalau kami hanya fokus ke perumahan saja, akan tetapi disana juga banyak OPD yang memang sedang membangun fisik di Ekas Buana,“ tambahnya.

Baca Juga

Lebih lanjut Sahri menjelaskan, relokasi tersebut tidak berdampak signifikan terhadap roda perekonomian masyarakat Ekas Buana, mengingat lokasi relokasi hanya beberapa meter dari tempat semula.

“Mereka hanya dipindahkan beberapa meter saja, akses pendukung penangkapan ikan juga dirapikan,“ tutupnya. np

Reporter : M. Ragil Sopiyan Sauri
Editor : Suandi Yusuf

Berita Terkait

Leave a Reply