Rully, Pendonor Lebih dari 100 Kali Mendapat Kue Pertama Bupati Lombok Barat

  • Whatsapp

Rully Mahendra, SE Menerima Tanda Penghormatan dari Presiden RI Satyalencana Kebaktian Sosial 2017. [] Istimewa
LOMBOK BARAT – Dari antara orang-orang berkaos dominan putih dan sedikit merah, diterangi temaram lampu di pemandangan pantai (seaview) Hotel Aruna Senggigi, muncul sesosok pria setengah baya berbadan kekar dengan kaos yang serupa dengan yang lain namun dengan dibalut jaket berwarna hitam. Pria itu adalah Rully Mahendara, pria pendonor darah lebih dari 100 kali.

Kemunculan pria tersebut bukan tanpa alasan. Dia datang karena panggilan Bupati Lombok Barat (Lobar) H. Fauzan Khalid usai memotong kue hari ulang tahun (Hut) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lombok Barat yang ke-75, bertempat di seaview Hotel Aruna Senggigi, Kec. Batu Layar, Kab. Lobar, Sabtu, 19 September 2020.

“Kue pertama akan saya berikan kepada Bung Rully Mahendara yang kebetulan ada di sini sebagai penghormatan karena telah mendonorkan darahnya lebih dari seratus kali,” ujar Bupati Fauzan.

Sedikit grogi, Rully, sapaan akrabnya, maju menerima kue dari bupati. “Surprise sekali di sela-sela sedang menjalankan tugas mendampingi pimpinan,” ujar salah satu PNS di

Kabupaten Lobar ini yang mengaku sedang menvideokan Bupati yang memotong kue saat tiba-tiba namanya disebut.

Ditemui usai acara, Rully mengaku sudah mulai mendonorkan darahnya sejak usia 17 tahun yaitu sekitar tahun 1992. Hingga saat ini, pria bersuara lantang ini mengaku telah melakukan donor darah sebanyak 125 kali.

Luar biasa!. Tahun 2017, pria murah senyum diikuti tawa ini meraih satu penghargaan bergengsi dari Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo karena telah mendonor darah 100 kali. Rully hadir ke Jakarta bertemu presiden dan mendapat piagam Tanda Penghormatan Satyalancana Kebaktian Sosial.

“Melalui donor darah sukarela berarti kita bersedekah mudah hidup menjadi sehat dan berkah,” ujar pria yang jago menyusun program pembangunan ini.

Rully menjelaskan rahasia untuk bisa rutin donor darah yaitu tekanan darah normal, HB normal dan berat badan minimal 50 kg.

“Donor membuat tubuh menjadi lebih segar dikarenakan berkurangnya penyakit di dalam darah seperti lemak darah, gula darah dan lainnya dan diganti dengan darah yang terbentuk baru oleh tubuh. Anda akan tampak lebih sehat dan awet muda,” ujar Rully yang seolah membuktikan kata-katanya melalui kesehatan yang dirasakannya.

Rully Mahendara, pada Hut PMI yang ke-75 ini mengajak PMI Lobar untuk tetap semangat mengedukasi dan mensosialisasikan protokol kesehatan Covid-19 di masa pandemi ini.
“Jangan sampe kendor demi kesehatan kita bersama,” pesannya.

Pada peringatan Hut PMI ini, Bupati Fauzan juga menyerahkan hadiah kepada para pemenang lombah HUT PMI Lobar yang ke-75. Mereka telah mengikuti dua lomba yaitu #Lomba Video Ajakan Donor Darah dan #Lomba Photo Selfi Donor Darah.

Peringatan HUT PMI Lobar ini selain diikuti pengurus PMI, relawan dan peserta lomba, juga dihadiri oleh beberapa anggota DPRD Lobar, beberapa kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Lobar seperti Kepala Dinas Dikbud H. Nasrun, Kepala Badan Perencanaan dan Pembanguna Daerah (Bappeda) Rusditah, Kepala Badan Kepegawain Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Suparlan, Kepala Bagian Hukum Setda Lobar Ahmad Nuralam, dan lain-lain. Kehadiran mereka bukan selaku pejabat OPD melainkan selaku pengurus PMI Lobar. np

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *