RTLH Desa Kabar Rampung, Pemdes Tinggal Tunggu Pembayaran Pekerja

  • Whatsapp
Marzoan, Kepala Desa Kabar, Kecamatan Sakra, Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Sebanyak 16 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) Desa Kabar Kecamatan Sakra, yang bersumber dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PERKIM) Lombok Timur sudah rampung seratus persen.

Kepala Desa Kabar, Marzoan mengatakan,
progres proyek dari Perkim tersebut, sejak Juli lalu sudah rampung dikerjakan seratus persen. Kini Pemerintah Desa Kabar, masih menunggu tahap pembayaran terhadap pekerja rumah tersebut.

“Kami tinggal menunggu tahap pembayaran yang masih belum didistribusikan oleh pihak Dinas, dikarenakan ketika pencairan hanya Rp.17.500.000 yang dialokasikan untuk bahan, sekarang masih menunggu bayaran para pekerja RTLH tersebut,“ katanya, Minggu, 15 Agustus 2021.

Marzoan juga menyebut, Program RTLH bukan semata diperuntukkan kepada masyarakat yang memiliki rumah yang sangat tidak layak, akan tetapi fokus pada peningkatan mutu dan kapasitas rumah masyarakat.

“Pembangunan RTLH bukan semata untuk rumah pagar, tetapi lebih pada peningkatan mutu,“ jelasnya.

Baca Juga

Kendati mendapatkan 16 unit, dirinya menampik bahwa Desa Kabar banyak rumah yang tidak layak, hal tersebut dibuktikan dari minimnya rumah pagar yang ada di Desa Kabar, terlebih lagi sebanyak-banyaknya 239 Desa bersaing mendapatkan program tersebut.

“Untuk mendapatkan kegiatan tersebut perlu sikap yang responsif dari pihak Desa,“ paparnya.

Lebih jauh Marzoan berharap, tahun-tahun selanjutnya, Desa Kabar dapat kuota yang banyak terkait RTLH, karena bukan hanya untuk KPM yang rumahnya tidak layak tetapi untuk masyarakat yang baru menikah dan belum memiliki rumah.

“Kedepannya semoga ada penambahan, mengingat banyak masyarakat yang perlu dibenahi rumahnya, terlebih untuk yang baru menikah,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply