Puskesmas Jerowaru Optimis Tangani Stunting Dengan Menjalin Kemitraan Lintas Sektoral

  • Whatsapp

NTBPOS.CO.ID – Puskesmas Jerowaru Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur menggelar acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral dan Penandatanganan Komitmen di Cafe Black & White Desa Sepapan Kecamatan Jerowaru, Selasa 17 Desember 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Puskesmas melakukan Sosialisasi kesehatan Masyarakat dan kebersihan lingkungan, menjadi prioritas dalam mensukseskan program kesehatan tahun 2019 Menuju Kecamatan Jerowaru sehat 2020.

Kepala Puskesmas Jerowaru L. Samsul Bahri Yusuf menyatakan bahwa Lokakarya Mini untuk menjalin kemitraan lintas Sektoral dengan semua stakeholder Kecamatan Jerowaru dalam rangka melakukan upaya optimalisasai peran Lintas Sektoral, dalam mewujudkan pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

“Kami juga memperkenalkan beberapa inovasi dalam rangka pencegahan dan penanganan stunting yang insya Allah akan kami laksanakan di tahun 2020, yaitu ‘KAWAN SEHATI’ (Kader awasi dan dampingi setiap ibu hamil resiko tinggi), Selain itu juga ada namanya ‘SETIA’ ( Selamat Tinggal Anemia ), karena kondisi di Kecamatan Jerowaru cukup tinggi gejala anemia, kita sudah menyumbangkan 3 kematian ibu karena anemia.” ungkapnya.

Baca Juga

Ia juga menambahkan, Kapolsek beserta Danposramil Jerowaru, siap mendukung semua program kami, disamping itu Peran pemuda juga sangat mendukung lancarnya semua program kami, Tahun 2020 akan ada donor darah di Desa Jerowaru yang di inisiasi oleh perkumpulan pemuda yang bergerak di bidang sosial dan kesehatan yaitu Pemuda Peduli ( Pedu’ ) Desa Jerowaru.

Selain itu, peserta yang terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda, LSM, Kader dan semua stakeholder di berikan materi tentang bahaya tekanan darah tinggi ( Hipertensi ) dan ODF (Open Defecation Free), yaitu Pembuangan tinja (Kotoran) sembarangan yang berdampak pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan.

Ditempat yang sama, Kapolsek Jerowaru IPDA Abdul Rasyid mengatakan, Pihak Kepolisian sangat mendukung semua program Puskesmas dan siap terlibat langsung terutama masalah Stunting dan ODF.

“Kami bersama Anggota siap mendukung program Puskesmas Jerowaru, guna Kesejahteraan dan Kesehatan masyarakat, Terutama Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) yang ada di semua Desa akan kita maksimalkan” ujarnya.

Di akhir acara, semua stakeholder menandatangani lembar komitmen yang sudah di siapkan oleh Puskesmas Jerowaru.[] NP- * /ndi

Berita Terkait

Leave a Reply