Polda NTB Musanahkan Bom Mortir Sisa Perang Dunia Ke-II

  • Whatsapp
Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana saat menekan tombol pemusnahan Bom Mortir sisa perang dunia ke 2 di lapangan Sat Brimob Polda NTB, Kamis, 10 Oktober 2019. / Foto : Ahmad Mu’azatul Huzairi

MATARAM, NTBPOS.com – Kapolda NTB, Irjen Pol Drs. Nana Sudjana melakukan Disposal pemusnahan massal barang bukti dan bahan  peledak, berupa granat nanas dan bom ikan serta detonator, sebagian tersebut merupakan peninggalan perang dunia ke 2 serta hasil dari ungkapan masing – masing Kapolres seluruh NTB, yang dilakukan di lapangan Mako Brimob NTB, Kamis, 10 Oktober 2019.

Menurut Kapolda NTB, Irjen Pol Dr. Nana Sudjana, Mengacu kepada perintah Kapolri, dimana diketahui bahwa pada tanggal 4 Sepetember 2011 tahun lalu ada ledakan di gudang penyimpanan bahan peledak, di wilayah Polda Jawa Tengah.

” Mungkin rekan – rekan semua sudah mengetahui bahwa dampak dari tindakan yang membahayakan, apalagi kalau itu dekat dengan perumahan penduduk”. Jelas Jendral Bintang Dua Ini.

Oleh sebab itu, lanjut Nana, melalui perintah Kapolri untuk seluruh Polda seluruh Indonesia melakukan pemusnahan ataupun disposal di seluruh Polda. Dari instruksi mabes tersebut pihaknya dan seluruh Kapolres NTB untuk mengumpulkan seluruh bahan-bahan peledak yang ada di masing – masing Satker nya. Serta kemudian dikumpulkan nya di markas Dansat Brimob NTB.

Lebih jauh dijelaskan Irjen Pol Nana Sudjana Kapolda NTB, bahwa sekitar 2064 bahan peledak yang terdiri dari 2 ribu detonator hasil dari pengungkapan, dan kemudian 64 bisa dikatakan yang terdiri dari, granat nanas serta bom ikan.

Baca Juga

” Yang satunya itu tadi sudah disebutkan oleh panitia ini yang akan kita lakukan sekitar 2064 liter dari 2000 detonator rakitan hasil pengungkapan, kemudian 64 bahan peledak yang terdiri dari mortir dan pemilikan ini akan kita lakukan pemusnahan”. Jelas dia.

Menurut Kapolda NTB, disposal ini merupakan bahan peledak yang ada di Nusa Tenggara Barat NTB, tentunya, namanya bahan peledak tersebut ada yang merupakan penemuan, dan ini merupakan rata – rata dari penemuan perang dunia, dan bisa dikatakan bahan peledak atau mortir nanas adalah merupakan ratusan tahun yang lalu.

” Memang sebanyak 64 ini merupakan bahan – bahan peledak perang dunia ke 2 dan itu merupakan ratusan tahun yang lalu”. Ucap Nana. [] NP-Amh

Berita Terkait

Leave a Reply