Pokjawas Kemenag Lotim Lakukan Supervisi Madrasah

  • Whatsapp
Tim Kemenag Lombok Timur lakukan supervisi admnstrasi madrasah. /Foto : Suandi Yusuf

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Kelompok Kerja Pengawas ( POKJAWAS ) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur melakukan Supervisi Manajerial ke semua Madrasah, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengevaluasi kelengkapan perangkat pembelajaran dan dokumen pendukung lainnya, baik Madrasah Tsanawiyah ( MTs ) maupun Madrasah Aliyah ( MA ), supervisi dilakukan sejak bulan September sampai dengan bulan November 2019.

Tim Supervisi Wilayah Selatan H. Asmawadi Efendi mengatakan Supervisi dilakukan untuk memeriksa perangkat pembelajaran serta dokumen pendukung lainnya.

” Kami melakukan supervisi Manajerial dan Akademik ke semua Madrasah diwilayah selatan, mulai dari Kecamatan Sakra, Sakra Barat, Sakra Timur, Keruak dan Jerowaru untuk memeriksa perangkat pembelajaran serta dokumen pendukung Madrasah lainnya yang bertujuan untuk mewujudkan madrasah hebat bermartabat “, kata tim supervisi wilayah selatan, saat melakukan supervisi di Jerowaru. Kamis 7 November 2019.

Tim supervisi wilayah selatan hari ini Melakukan supervisi Manajerial dan Akademik di MTs dan MA Darul Aitam Jerowaru, pengawas yang berjumlah 5 orang membagi tugas memeriksa perangkat pembelajaran sesuai dengan rumpun mata pelajaran.

” Alhamdulillah dari hasil supervisi kami di wilayah selatan, untuk sementara disini yang paling lengkap perangkatnya, Akademik maupun manajerial nilainya sangat bagus, luar biasa itu ” Tambah Asmawadi.

Baca Juga

Dijelaskan lebih lanjut, Asmawadi mengatakan, Guru Profesional itu harus memiliki dan paham tentang administrasi, perangkat pembelajaran dan buku kerja harus dimiliki oleh seorang guru profesional karna itu adalah senjata utama dalam proses belajar mengajar dan itu harus sudah tuntas sejak awal tahun ajaran baru, jangan kerjakan perangkat pembelajaran saat pengawas mau supervisi atau akreditasi saja.

Ditempat terpisah, Ketua Pokjawas Kemenag Lombok Timur H. Hasanuddin menambahkan, Esensi dari supervisi manajerial adalah berupa kegiatan pemantauan, pembinaan dan pengawasan terhadap kepala Madrasah dan seluruh elemen lainnya di dalam mengelola, mengadministrasikan dan melaksanakan seluruh aktivitas Madrasah, sehingga dapat berjalan dengan efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan Madrasah serta memenuhi standar pendidikan nasional. Adapun supervisi akademik berkenaan dengan tugas pengawas untuk untuk membina guru dalam meningkatkan mutu pembelajarannya, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Sementara itu, Kasi Penmad Kemenag Lombok Timur Zainul Arqom saat di konfirmasi bahwa supervisi dilakukan oleh pengawas dengan membentuk tim, 1 tim di isi oleh 4 sampai 5 orang pengawas, supervisi dilakukan untuk semua madrasah di lombok timur, baik Madrasah Negeri maupun swata, harapan kami untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan guru di dalam menjalankan tugas sebagai Guru.[]NP

Berita Terkait

Leave a Reply