Pilkades Serentak 2021 di Lotim, Tidak Ada Calon Incumbent

  • Whatsapp
Lukman Nul Hakim, Kepala Bidang Pemerintah dan Kelembagaan Desa, Dinas PMD Lotim./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Pemilihan Kepala Desa tahun ini dinilai kecil kemungkinan terjadinya penyalahgunaan wewenang, mengingat tahun ini tidak ada calon yang Incumbent.

“Semua Desa yang menyelenggarakan Pilkades tidak ada incumbent, yang ada hanyalah mantan Kades karena berakhir masa jabatannya,“ kata Kepala Bidang Pemerintah dan Kelembagaan Desa, Dinas PMD Lotim, Lukman Nul Hakim.

Lukman juga menambahkan, pada gelombang ketiga pilkades serentak Lombok Timur, semula diikuti oleh 27 Desa, akan tetapi pada Pilkades gelombang kedua Kades terpilih tidak dilantik, sehingga dimasukkan ke gelombang tiga menjadi 29 Desa.

“Kedua Desa yang menjadi tambahan ialah Sikur Barat, ada Kepala yang terpilih tetapi meninggal, sehingga ditunjuk Pejabat Sementara (PJS), sementara Desa Penjaring mengundurkan diri,“ terangnya.

Lebih lanjut Lukman menyebutkan, guna menghindari klaster baru Covid-19, pelaksanaan Pilkades tahun ini, pemerintah Daerah sudah membentuk Sub panitia Covid-19 untuk mengurangi mobilisasi masyarakat.

Baca Juga

“Kami disini diberikan ruang, untuk mengangarkan terkait penerapan prokes pada pelaksanaan Pilkades,”ungkapnya.

Lebih jauh, Lukman menghimbau masyarakat agar berdemokrasi dengan sehat, lebih bijak menggunakan hak-hak suara, karena masa depan Desa ada ditangan rakyat.

“Kami menghimbau, masyarakat untuk menyambut ritual tahunan ini dengan sehat, karena jika bijak menggunakan hak suara, bijaklah pemimpin 6 tahun kedepan,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply