Pers Lotim Gelar Aksi, APH Diminta Ungkap Kasus Penembakan Wartawan

  • Whatsapp
Puluhan Wartawan Lotim Saat Menggelar Aksi./ Foto : Suandi Yusuf/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Sebagai bentuk solidaritas terhadap salah satu wartawan media online di Nagori Karang Anyer, Kabupaten Simalungan, Sumatra Utara (Sumut), yang menjadi korban pembunuhan, Wartawan Lombok Timur Gelar Aksi Solidaritas di simpang empat BRI Cabang Selong Lombok Timur, Selasa, 22 Juni 2021.

Dalam aksi damai tersebut, wartawan mengecam tindakan itu serta menuntut keseriusan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam mengungkap kasus penembakan yang menimpa wartawan di Sumatera Utara.

“Kami bekerja dilindungi oleh undang-undang karena Pers merupakan pilar keempat demokrasi di negeri ini, jangan robohkan pilar itu dengan ancaman dan kriminalisasi,“ tegas Yunus, salah satu wartawan media online Lotim dalam orasinya.

Aksi Teaterikal Wartawan Lotim Sebagai Bentuk Solidaritas.

Sementara koordinator Aksi, Syamsurrijal menyampaikan, aksi tersebut sebagai bentuk solidaritas kita sesama rekan satu profesi yang menjadi korban kriminalisasi.

Atas nama wartawan Lombok Timur, Rizal juga meminta kepada Aparat Penegak Hukum (APH) mulai dari Kapolri sampai jajaran ditingkat Polsek untuk segera menangkap pelaku pembunuhan wartawan serta mengungkap motif dibaliknya.

Baca Juga

“Kasus ini menjadi tugas berat aparat, namun harus segera diungkap siapa pelakunya. Sebab, dalam UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, jurnalis mendapat perlindungan hukum saat menjalankan tugas profesinya sebagai seorang wartawan di lapangan,” ucap Rizal usai menggelar aksi,

Dengan adanya kasus ini, lanjutnya, ancaman terhadap profesi wartawan semakin nyata. Pasalnya, kekerasan terhadap wartawan sudah sering kali terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

“Untuk itu, kami mendesak APH agar segera menuntaskan kasus pembunuhan ini,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply