Perpustakaan Daerah Lotim, Dukung Desa Tetebatu Melalui Literasi

  • Whatsapp
H. Marwan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lombok Timur. / Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Guna mendukung Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur pada ajang internasional Best Tourism Village dari United Nations World Tourism Organization (UNWTO), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah berupaya memberikan andil melalui konsep literasi.

Kepala Arpusda Lombok Timur, H. Marwan mengatakan akan membina pengelolaan dan mengaktifkan kembali Perpustakaan yang ada di Tetebatu dengan mempermudah akses melalui i-Lotim, termasuk 6 Desa penyangga juga akan difokuskan penambahan buku.

“Keterlibatan Dinas Perpustakaan lebih kepada penambahan dan ketersediaan buku di Desa Tetebatu,“ katanya kepada www.ntbpos.com, Senin, 20 September 2021.

Marwan menambahkan, pihaknya tidak hanya fokus pada penambahan buku, akan tetapi juga menggali dan mengumpulkan arsip sejarah tentang asal usul Desa Tetebatu melalui para orang tua dan sejarawan.

“Untuk kearsipan juga sudah mulai dikumpulkan, lewat orang-orang tua yang mengerti perjalanan Tetebatu,“ ujarnya.

Baca Juga

Lebih lanjut Marwan menyebutkan, Perpustakaan akan mengupayakan promosi pariwisata melalui literasi, sehingga guna menjamu wisatawan asing buku berbahasa asing juga akan disiapkan.

“Untuk pengunjung asing juga sudah disiapkan buku berbahasa asing,“ jelasnya.

Lebih jauh, Marwan berharap terpilihnya Tetebatu untuk mewakili Indonesia pada lomba wisata internasional dapat menumbuhkan minat baca masyarakat, mengingat pengetahuan berdampak terhadap semua sektor, terutama pariwisata.

“Dengan momentum ini semoga dapat meningkatkan minat baca masyarakat,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply