Peringati HORI Ke-75, KPPN Selong Gelar Donor Darah

  • Whatsapp
Kepala KPPN Selong Didampingi Stafnya Saat Foto Bersama Dengan Satuan Kerja Pada Pelaksanaan Donor Darah, Dalam Rangka HORI Ke-75./ Foto : Dok. KPPN Selong/www.ntbpos.com

Oleh : Windi Meiliana
(Kepala Subbagian Umum)

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Tanggal 30 Oktober disahkan sebagai Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) oleh Presiden Soekarno, berdasarkan lahirnya emisi pertama ORI.

Wakil Presiden RI, Mohhamad Hatta, dalam pidatonya pada tanggal 29 Oktober 1946 melalui Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta yang menggelorakan semangat bangsa Indonesia sebagai negara berdaulat, dengan diterbitkannya mata Oeang Republik Indonesia (ORI) dan ORI diterima dengan perasaan bangga oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Besok tanggal 30 Oktober 1946 adalah suatu hari yang mengandung sejarah bagi tanah air kita. Rakyat kita menghadapi penghidupan baru. Besok mulai beredar Oeang Republik Indonesia sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah. Mulai pukul 12 tengah malam nanti, uang Jepang yang selama ini beredar sebagai uang yang sah, tidak laku lagi. Beserta uang Jepang itu ikut pula tidak laku uang Javasche Bank. Dengan ini, tutuplah suatu masa dalam sejarah keuangan Republik Indonesia. Masa yang penuh dengan penderitaan dan kesukaran bagi rakyat kita. Uang sendiri itu adalah tanda kemerdekaan Negara”, kata Wakil Presiden RI, Mohhamad Hatta.

Kini tahun 2021. Usia ORI semakin bertambah. Di usianya yang memasuki 3/4 abad, ORI telah menjalani berbagai masa dan bermacam-macam kebijakan. ORI semakin teruji sebagai alat pembayaran yang sah di Republik Indonesia, sebagai saksi perjalanan pertumbuhan segala aspek kehidupan di bumi pertiwi. Dalam rangka peringatan Hari Oeang ke-75 Tahun 2021 dan untuk memberikan kontribusi nyata bagi kemanusiaan dalam situasi pandemi Covid-19, yang hasilnya dapat bermanfaat bagi masyarakat luas Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Selong menggelar kegiatan donor darah, bertempat di PMI Lombok Timur, Selasa, 26 Oktober 2021.

Baca Juga

Dalam kegiatan itu, tak kurang dari 38 orang datang untuk mendonorkan darahnya. Pendonor berasal dari internal KPPN Selong serta satuan kerja lingkup KPPN Selong. Dari kegiatan ini diperoleh whole blood (WB) sebanyak 4200 cc.

Kegiatan ini juga merupakan wujud sinergi antara KPPN Selong dengan PMI Lombok Timur serta satuan kerja lingkup KPPN Selong dan sangat diapresiasi oleh pihak PMI Lombok Timur.

“Matur tampi asih bu, dengan terlaksananya donor darah hari ini, pemasukan WB kami meningkat dua kali lipat dari hari biasanya,” jelas M. Noor, person in charge donor darah di PMI Lombok Timur.

Selamat Hari Oeang Republik Indonesia ke-75. Bersama KPPN Selong pulihkan ekonomi, wujudkan Kemenkeu satu yang terpercaya, menuju Indonesia yang unggul dan tangguh.

KPPN Selong….SIGAP….Semangat Integritas tingkatkan Pelayanan…!!.

(referensi: www.kemenkeu.go.id)

Berita Terkait

Leave a Reply