Pengamat Politik NTB Menyebut IJU Kader Organik dan Sukiman Non Organik

  • Whatsapp
Dr. Kadri, Pengamat Politik NTB./ Foto : Suandi/www.ntbpos.com

MATARAM, NTBPOS.com – Pasca Musda  Partai Demokrat NTB yang dilaksanakan pada Senin, 20 Desember 2021 di Mataram, 2 calon Ketua DPD Partai Demokrat NTB yakni Indra Jaya Usman dan Sukiman Azmi berhasil ditetapkan.

IJU sapaan akrab Indra Jaya Usman yang merupakan kader Organik Partai Demokrat NTB dan duduk sebagai anggota DPRD Lombok Barat tiga priode mendapat dukungan 7 suara DPC yakni Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu dan Kota Bima.

Sementara Sukiman Azmy yang merupakan kader non Organik mendapat 4 suara yakni dari Kabupaten Bima, Kota Mataram, Lombok Timur ( plt DPP Partai Demokrat) dan suara Ketua DPD Demisioner. Sukiman sendiri dikabarkan pernah menjadi anggota sejumlah Partai seperti Partai PKS, Golkar dan Gerindra.

Pengamat politik NTB, Dr. Kadri M Saleh melihat persepsi masyarakat NTB menganggap calon dengan suara terbanyaklah yang menang dan menjadi ketua DPD Demokrat NTB, namun publik banyak yang belum mengetahui jika keputusan Ketua DPD ditentukan oleh DPP.

“Meskipun yang menentukan DPP Partai Demokrat, saya kira siapa yang mendapat dukungan suara terbanyak dari DPC lah yang dipilih“ ucap Pengamat UIN Mataram itu kepada wartawan belum lama ini.

Baca Juga

Menurut Kadri, suara DPC merupakan nafas demokrasi sesuai dengan roh perjuangan Partai Demokrat. Kadri juga meyakini jika tokoh milenial yang moderat dan bisa diterima oleh segenap elemen masyarakat NTB seperi Indra Jaya Usman akan menjadi catatan khusus DPP untuk menentukan pilihan. np

Berita Terkait

Leave a Reply