Pemkab Lotim Apresiasi Kinerja Konsepsi NTB

  • Whatsapp
Pelatihan PUG dan PPRG Pokja kabupaten Lombok Timur . / Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

MATARAM, NTBPOS.com – Konsorsium untuk Study dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI) melakukan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur yang diwakili tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tingkat Kabupaten Lombok Timur, Jumat 24 September 2021.

OPD yang melakukan penandatanganan MoU diantaranya Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Penandatanganan MoU ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama antara Pemda Lombok Timur dengan Konsepsi yang sudah ditandatangani oleh Bupati Lombok Timur, pada Rabu (15/9) lalu.

Penandatanganan kerjasama ini juga dirangkaikan dengan pelatihan penyusunan perencanaan dan penganggaran responsif gender bagi focal point PUG Kabupaten Lombok Timur yang dilangsungkan di Hotel Jayakarta, 24-26 September 2021.

Melalui keterangan tertulis, Sabtu 25 September 2021, Direktur Konsepsi NTB Dr. Moh. Taqiuddin mengatakan selama ini kegiatan Konsepsi NTB banyak di lakukan di Kabupaten Lombok Timur.

Baca Juga

“Sebagaimana agar bapak/Ibu Ketahui bahwa program Konsepsi selama ini lebih banyak dilakukan di Lombok Timur. Selain ICDRC kami juga mendapatkan bantuan dari Germany terkait Desa Tangguh Bencana (Destana) di beberapa desa di Lombok Timur,” terangnya.

Pemkab Lotim mengapresiasi kinerja dan komitmen Konsepsi NTB dalam membantu kerja pemerintah daerah dalam pembangunan khususnya Lombok Timur dan NTB pada umumnya.

“Pemda Lotim memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Konsepsi yang selama ini sudah mengabdikan dirinya di kabupaten Lombok Timur,” ucap Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Lombok Timur, H. Ahmat A. S.Kep, MM.

Melalui momentum penandatanganan dan pelatihan penyusunan perencanaan dan penganggaran responsif gender ini, Ahmat berharap kedepan Kabupaten Lombok Timur bisa menuntaskan permasalahan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

“Kita berharap kedepan, di tahun 2023 permasalahan perempuan dan anak bisa kita tuntaskan di Kabupaten Lombok Timur. Sehingga Lombok Timur bisa mendapatkan penghargaan berupa Anugrah Prahita Ekapraya (APE)” ucapnya.

Anugrah Prahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

“Padahal selama ini Kabupaten Lombok Timur sudah banyak yang di lakukan sebagai upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam Strategi Pengarusutamaan Gender. Tapi masih banyak yang harus kita perbaiki karena kenyataannya masih banyak yang belum tercapai” pungakasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply