Pemdes Moyot Keluarkan Perdes Pembatasan Jam Midang

  • Whatsapp
Samiah, Kepala Desa Moyot, Kecamatan Sakra, Lombok Timur. / Foto: Hirpan Maulana/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Pemerintah Desa Moyot, Kecamatan Sakra, Lombok Timur menetapkan Peraturan Desa (Perdes) tentang pembatasan jam midang (sasak, red).

Perdes tersebut diberlakukan sejak tanggal 18 Maret 2021 kemarin. Hal tersebut diungkapkan Kepala Desa Moyot, Samiah saat ditemui NTBPOS di ruanga kerjanya, Jum’at, 16 April 2021.

Dalam Perdes disebutkan bahwa batas midang (ngapel) sampai dengan pukul 21.00 wita, batas waktu tersebut untuk menjaga dan mengurangi kegiatan Masyarakat Desa Moyot pada malam hari, khususnya bagi masyarakat yang sering membiarkan anak-anaknya menerima tamu di malam hari.

“Perdes itu kami buat untuk mengurangi waktu anak-anak kami dari kegiatan yang kurang bermanfaat, karena sebelum kami keluarkan perdes ini, lebih baik waktu sebelum tidur itu mereka gunakan untuk belajar dan melakukan hal-hal yang lebih bermanfaat,“ jelasnya.

Jika ada masyarakat yang masih melanggar, lanjutnya, maka denda yang di sepakati dalam Perdes tersebut akan di berlakukan yaitu berupa teguran dan denda berupa uang.

Baca Juga

“Kalaupun nanti ada yang kami temukan melanggar aturan maka akan kami beri teguran dulu, jika tidak bisa ditegur, baru kami kenakan denda uang 3 juta rupiah,“ lanjutnya.

Sedangkan untuk sosialisasi sudah dilakukan ke semua Kepala Dusun (Kadus) kemudian disosialisasikan kembali ke masyarakat masing-masing dengan harapan bisa memberikan pemahaman ke masyarakat untuk menggunakan waktu malam mereka dengan melakukan ha-hal yang lebih bermanfaat. np

Berita Terkait

Leave a Reply