Pelaksanaan Pilkades Serentak di Lotim Mendapat Apresiasi Kemendagri

  • Whatsapp
Lukman Nul Hakim, Kepala Bidang Pemerintahan dan Kelembagaan Desa, Dinas PMD Lombok Timur./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Pesta Demokrasi yang digelar 29 Desa di Kabupaten Lombok sudah usai, meskipun masih menyisakan sedikit permasalahan di tiga Desa, namun tidak mengganggu proses dan secara umum berjalan aman dan lancar.

Meski demikian, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri dengan nilai yang cukup tinggi.

Apresiasi tersebut diberikan karena dinilai berhasil dalam penerapan protokol kesehatan di setiap tahapan Pilkades, sesuai yang di syaratkan Kemendagri. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang PKD, Lukman Nul Hakim kepada NTBPOS, Selasa, 24 Juli 2021.

“Dua hari sebelum pelaksanaan, kami diberikan surat rekomendasi untuk pelaksanaan Pilkades dengan memberikan persyaratan yaitu dalam pelaksanaanya harus mematuhi protokol kesehatan,“ katanya.

Dalam Permendagri No 72 tahun 2010, diberikan ruang dalam pelaksanaan Pilkades serentak di masa pandemi untuk menganggarkan peralatan prokes melalui Anggaran Pedapatan Belanja Desa (APBDes).

Baca Juga

“Jadi petugas masing-masing TPS diwajibkan melengkapi diri dengan peralatan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah yang bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan dan penyebaran varian baru covid-19,“ tandasnya.

Selain itu, lanjutnya, Kemendagri juga meminta supaya dalam melakukan pengawasan pemungutan suara di setiap TPS menggunakan Zoom meeting.

“Jadi semua TPS di Lotim ini diberikan Link Zoom Meeting, melalui itu mereka di pantau langsung secara virtual oleh PMD, Dirjen Kemendagri dan Forkopimda,“ jelasnya.

Dengan demikian, kata Lukman, secara virtual semua TPS akan terawasi, untuk memastikan TPS tersebut melaksanakan prokes dan tidak terjadi kerumunan.

Dirjen Kemendagri mengakui bahwa pada proses pemungutan suara itu berjalan aman kondusif dan semua TPS menerapkan pemungutan suara sesuai prokes.

“Ini suatu kebanggaan bagi Lotim, khususnya kita di PMD sendiri,“ cetusnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply