Pacu Gerak Partai, Hasan Rahman Rombak Struktural Golkar

  • Whatsapp
L. Hasan Rahman, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD II) Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Lombok Timur./ Foto : Dok. ntbpos/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Setelah menjabat sebagai ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD II) Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Lombok Timur periode 2020-2025 melalui forum  Musyawarah Daerah (Musda) ke X  yang digelar 6 September 2021 lalu, H.L. Hasan Rahman, langsung melakukan berbagai terobosan.

Hal itu dilakukan dalam rangka pembenahan dan konsolidasi organisasi partai Golkar Lombok Timur. Langkah awal yang ia lakukan adalah pengisian formasi pengurus Harian DPD II partai Golkar Lombok Timur.

Politisi partai Golkar yang karib disapa Mamiq Maman itu juga terus menjalankan misi pembenahan organisasi dengan  melakukan perombakan kepengurusan Partai Golkar di tingkat Kecamatan sampai tingkat Desa.

“Sejak awal Oktober kemarin, kami bersama tim Musyawarah Kecamatan (Muscam) secara bertahap turun ke semua kecamatan di Lombok Timur untuk menggelar Muscam. Alhamdulillah sampai hari ini tinggal 2 kecamatan yang belum,“ katanya, Senin, 15 November 2021.

Di samping sebagai agenda rutin lima tahunan, Muscam juga dimaksudkan sebagai sarana evaluasi program kerja, serta dijadikan wadah pemantapan eksistensi organisasi.

Baca Juga

“Kita terus melakukan kegiatan untuk eksisnya organisasi melalui peningkatan program kerja yang sekaligus dibarengi peningkatan kemampuan personil,“ tegas Mamiq Maman di setiap pengarahannya dalam setiap acara Muscam.

Menurutnya, peningkatan kinerja sesuai hasil evaluasi sebelumnya (restrukturisasi organisasi, red) merupakan salah satu cara dalam melakukan perubahan organisasi untuk mempersiapkan semua sumber daya organisasi dan mengarahkannya untuk mampu bersaing dalam lingkungan yang dinamis dan kompetitif.

Ia juga terus mengingatkan bahwa Muscam  merupakan bagian dari strategi memilih Pimpinan Kecamatan partai Golkar sehingga  mempunyai pengaruh secara positif terhadap kualitas gerak organisasi.

Selain itu, ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Lombok Timur itu juga mengingatkan kepada semua kader bahwa Muscam menjadi salah satu ajang konsolidasi untuk kontestasi politik 2024 mendatang.

“Kesuksesan Muscam sebagai wahana rekrutmen kader-kader potensial dan berkualitas untuk menjadi barometer dan akan memberikan kontribusi khususnya dalam momentum pesta demokrasi 2024,“ tandasnya.

Atas dasar itu, lanjutnya, hampir semua kecamatan di Lombok Timur telah melakukan pergantian kepengurusan. Kader-keder muda potensial yang mengisi struktural diharapkan dapat membawa partai Golkar lebih produktif guna mendapatkan simpati dan dukungan masyarakat melalui program yang diusung.

Semua kader juga diajak untuk menyadari peran penting partai politik sebagai poros utama dalam sistem demokrasi. “Partai politik bukan hanya sebagai jembatan menduduki jabatan di lembaga legislatif dan eksekutif,“ paparnya.

Tidak hanya itu, menurutnya partai politik juga dapat mengintegrasikan kelompok masyarakat ke dalam sistem politik untuk memperjuangkan kebijakan partai berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya meminta setiap kader perlu melaksanakan program-program yang bersentuhan dengan kebutuhan masyarakat di setiap daerah sesuai karakteristik masing-masing, agar keberadaan Partai Golkar tetap di hati rakyat.

“Saya yakin bahwa dengan kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas serta didukung konsolidasi organisasi, kaderisasi yang berjenjang disertai kesungguhan dalam pelaksanaan program partai, kemenangan dan kejayaan Golkar akan menjadi hal yang mutlak,“ pungkasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply