Mengurai Kenaikan Pangkat, Dinas Dikbud Lotim Lakukan Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui KTI

  • Whatsapp
Peserta Kegiatan Karya Tulis Ilmiah di Kecamatan Keruak, Kamis 17 Oktober 2019.

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat melakukan kegiatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk mengurai permasalahan kebuntuan kenaikan pangkat Guru di Lotim.

Kadis Dikbud, H. Muh. Zainuddin melalui Kepala Bidang Ketenagaan, Widayat, M.Pd mengatakan, kegiatan KTI tersebut adalah upaya untuk menyelesaikan permasalahan pangkat Guru karena menurutnya, golongan IIIa, IIIb tidak lah sulit untuk kenaikan pangkat tapi faktanya mereka bertahan hingga tujuh sampai sepuluh tahun untuk kenaikan pangkat.

” Karena mereka tidak perlu ngapain – ngapain, hanya butuh pelatihan dengan durasi 32 jam untuk mendapat poin satu, sedangkan untuk golongan IIIA dan B mereka membutuhkan tiga Poin,” jelas Widayat di Ruang kerjanya, Rabu 16 Oktober 2019.

Sehingga lanjutn Widayat, mereka membutuhkan tiga kali pelatihan dengan durasi masing-masing 32 jam untuk mendapatkan kenaikan pangkat. Sementara untuk golongan IIIB ke IIIc, juga sama, hanya saja mereka butuh Pengembangan Diri 3 dan 4 Publikasi Ilmiah.

Baca juga : High Order Tingking Skill, 1560 Guru di Lotim Dilatih Mendesain Pembelajaran

Baca Juga

” Kami sudah menyelenggarakan KTI di setiap kecamatan sejak bulan Agustus bahkan sudah ada yang sampai ke tahap seminar, dan yang masih berjalan itu di kecamatan masbagik,montong gading, terara, suela, sakra timur dan menyusul kecamatan lain, ” kata Kabid Ketenagaan Dikbudpora Lotim.

Hal ini, diselenggarakan berdasarkan permintaan para guru dan menggunakan Dana secara mandiri.

” karena berdasarkan peraturan menteri, mereka boleh melakukan pelatihan sendiri dengan menggunakan dana sertifikasinya 50 persen untuk pengembangan dirinya, ” ujar Widayat.

Oleh karena itu, Dikbud Lotim mendorong serta memberikan ruang untuk mekakukan pengembangan diri sehingga kenaikan pangkat tersebut layak untuk didapatkan. [] NP-Rji

Berita Terkait

Leave a Reply