Mengenal Konsep Desa Pintar Yang Presisi Rancangan Sarjan Andesbaya

  • Whatsapp
Wakil Menteri Desa PDTT Budi Arie Setiadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, serta Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat meresmikan desa percontohan pengembangan Smart Village Nusantara, di Desa Kemuning, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah beberapa waktu lalu./ Foto : Dok. Humas Telkom/ www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Aktivis Ekonomi, Sarjan Andesbaya berbicara soal kota pintar berbasis desa, dengan mengembangkan konsep desa pintar untuk meningkatkan pembangunan di desa.

Gagasan desa pintar berawal dari keprihatinan dirinya terhadap polemik yang terjadi hingga saat ini. Ketidakakuratan data, menurutnya dapat menyebabkan gagalnya kebijakan pembangunan.

Desa pintar sendiri, kata Sarjan, berbentuk citra desa dengan resolusi tinggi. Misalkan desa pintar tersebut juga berisi numerik dan data deskriptif yang menggambarkan kondisi riil di sebuah desa serta dapat diakses melalui aplikasi.

“Solusinya adalah dengan membangun data desa pintar, data dengan tingkat akurasi yang tinggi sehingga dapat memberikan gambaran kondisi aktual desa yang sesungguhnya,” ujar Sarjan, Kamis, 14 April 2022.

Dalam proses membangun desa pintar juga diperlukan komunikasi, mulai dari tingkat desa sampai tingkat daerah sementara waktu, nanti tinggal di teruskan ke kementerian oleh pemda.

Jadi nanti dari program desa pintar, hasilnya itu juga bisa ditemui adanya bantuan sosial yang tidak tepat sasaran.

“Kualitas data yang ada dalam bentuk desa pintar tersebut akan menentukan keberhasilan pembangunan. Selain itu juga menentukan ketepatan perencanaan dan implementasi pembangunan desa,“ ujarnya.

Sarjan mengungkapkan, dari data desa pintar juga mampu memetakan konsumsi pangan masyarakat desa yang ada di seluruh Kabupaten Lombok Timur.

“Banyak sekali yang bisa diimplementasikan data desa pintar, jika dikembangkan dengan baik, maka ini akan sangat bermanfaat bagi kemajuan desa. Sebab Kabupaten atau negara maju bermula dari desa yang maju,” pungkasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply