Memasuki Musim Hujan, Masyarakat Diimbau Antisipasi Penyakit DBD

  • Whatsapp
Budiman Satriadi, Kepala Bidang P3KL Dinas Kesehatan Lombok Timur./ Foto : Unrara Angan/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Memasuki musim penghujan, masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan meningkatkan daya tahan tubuh agar terbentuk pola hidup sehat.

Kepala Bidang P3L Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Lombok Timur, Budiman Satriadi menjelaskan, penyakit yang mudah menular di musim hujan seperti Demam Berdarah Dengue (DBD). Penyakit tersebut disebabkan dari limbah rumah tangga yang tidak terurus.

“Apalagi di musim hujan ini, akan  menyebabkan banyak genangan yang berpotensi menjadi sarang nyamuk dan sejenisnya,” jelas Budiman, Jum’at, 5 November 2021 di kantornya.

Selain DBD, ia menyebut penyakit Diare juga perlu di waspadai karena penyebab timbulnya penyakit yang satu itu sangat erat kaitannya dengan kebersihan individu.

Dijelaskannya, jika curah hujan lebat maka akan berpotensi banjir dan dapat menyebabkan sumur warga yang merupakan sumber mata air untuk minum menjadi dangkal bahkan ikut tercemar.

Baca Juga

Dengan demikian, ketersediaan air bersih menjadi terbatas dan berpotensi menimbulkan penyakit diare disertai penularan yang cepat.

“Masalah kesehatan lain yang sering muncul pada musim hujan adalah penyakit kulit, seperti infeksi atau alergi, sehingga pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi untuk pencegahan penularan penyakit tersebut,“ ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan dan kesehatan tubuh. Meskipun begitu, jika masyarakat memiliki gejala demam melebihi tiga hari, harus segera mendapat perawatan.

“Apalagi demam disertai bercak merah, silahkan langsung dibawa ke fasilitas kesehatan untuk segera di tangani,“ pesannya. np

Berita Terkait

Leave a Reply