Masyarakat dan Pemdes Sekaroh Dukung Pembangunan PT ESL

  • Whatsapp
Mansur, Kepala Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Rencana pembangunan yang akan dilakukan pada tahun ini oleh PT. Eco Solution Lombok (ESL) selaku pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Jasa Lingkungan (IUPJL) hutah, mendapat dukungan dari masyarakat dan Pemerintah Desa Sekaroh.

Hal itu diungkapkan Kepala Desa Sekaroh, Mansur, usai menghadiri sosialisasi bersama warga penggarap lahan IUPJL dan Pemerintah Daerah Lombok Timur di kantor Camat Jerowaru, Jum’at, 18 Juni 2021.

Mansur menegaskan bahwa tidak ada masyarakat Desa Sekaroh yang saat ini masih menggarap lahan IUPJL menolak adanya pembangunan di tempat itu.

“Justru yang menolak dan masih bertahan menggarap lahan itu adalah orang luar yang disuruh oleh oknum yang mengaku memiliki sertifikat di lahan IUPJL itu, kalau warga setempat yang tidak merasa memiliki sertifikat, sebagian besar setuju dengan adanya pembangunan,“ katanya.

Menurutnya, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut adalah terjalinnya kerjasama yang baik antara Pemerintah, perusahaan dan masyarakat karena dari sekitar 300 hektare lahan yang dipegang izinnya oleh perusahaan, hanya 10 hektare yang akan dibangun.

Baca Juga

“Perusahaan akan mulai melakukan pembangunan fisik di lahan seluas 10 hektare, sementara sisanya itu masih bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat, bekerjasama dengan pemilik perusahaan untuk menanam pohon yang bisa menghasilkan buah, tetapi dengan catatan tidak boleh menanam jagung,“ jelasnya.

Atas nama pemerintah Desa, Mansur berharap kepada pemilik perusahaan untuk langsung melakukan pembangunan pada tahun ini jika apa yang menjadi kendala selama ini sudah bisa diatasi.

“Jika sudah tidak ada kendala, kami berharap pembangunan langsung dimulai, jika tidak, kami dari pemerintah Desa akan mengusulkan kepada pemerintah Daerah untuk pembatalan atau pencabutan izin,“ ucapnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply