Masuk Zona Merah, Wali Kota Bima Berlakukan PPKM

  • Whatsapp
Rapat Koordinasi Lingkup Perangkat Daerah Pemerintahan Kota Bima di Aula Kantor Walikota Bima./ Foto : Herman/www.ntbpos.co

KOTA BIMA – Dalam rangka menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait dengan Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Pemerintah Kota Bima mengadakan rapat koordinasi di Aula Kantor Wali Kota Bima, Selasa, 15 Juni 2021.

Dalam rapat yang dihadiri oleh seluruh Kepala Perangkat Daerah yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Bima, H. Muhammad Lutfi, menetapkan bahwa pelaksanaan PPKM akan dimulai sejak tanggal 15 sampai 28 Juni 2021.

Dalam sambutannya, Lutfi menyatakan PPKM merupakan salah satu instruksi dari Mendagri, mengingat daerah kita ditetapkan sebagai zona merah, diharapkan instruksi ini terlaksana dan tidak fiktif.

Lutfi juga menegaskan bahwa sebelumnya telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota (Perwali) tentang Penanganan Pembatasan Berbasis Kelurahan di tahun 2021.

“Program ini dikoordinasikan dengan Lurah-lurah minggu lalu, apakah sudah dijalankan atau tidak, saya ingin pelaporannya segera,” tegasnya.

Baca Juga

Dirinya juga meminta agar Kabag Hukum segera mengeluarkan instruksi Walikota mengenai Pembatasan Pergerakan Kegiatan Masyarakat, sehingga camat mempunyai bahan untuk di sosialisasikan dengan lurah-lurahnya.

“Nantinya pembatasan di tingkat kelurahan, RT dan RW dapat terkontrol sehingga jika ada masyarakat kita yang terkena covid dapat segera diblok dan diexpose namanya untuk di monitoring,“ jelasnya.

Walikota juga menghimbau agar PPKM di Kota Bima menjadi tanggungjawab bersama seluruh perangkat kepala daerah dari setiap OPD, Camat dan Lurah untuk mengedukasi masyarakat tetap menggunakan masker dan khusus untuk penjual diberlakukan jam malam sampai pukul 22:00 wita.

“Kemudian dana kelurahan untuk penanganan Covid-19 agar dapat direalisasikan selama 2 minggu ini karena salah satu yang menyebabkan zona merah ini yaitu dengan tidak diserapnya anggaran Covid-19 yang sudah disiapkan,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply