Kwarran Pramuka Pringgabaya Gelar Orientasi Kepramukaan Kepala Sekolah

  • Whatsapp
Ketua Kwarcab menyampaikan Materi tupoksi Kepala Sekolah pada Bidang Kepramukaan, selasa, 29 Oktober 2019, Pagi.

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Pringgabaya menyelenggarakan Orientasi Kepramukaan untuk Kepala Sekolah selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus) Selasa, 29 Oktober 2019.

Ketua Kwarran Pringgabaya, Salahudin mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman tupoksi kepala sekolah dalam pelaksanaan kepramukaan di satuan gugus masing-masing.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung aula Kantor Unit Dikpora kec.Pringgabaya diikuti Oleh Kepala Sekolah se kecamatan Pringgabaya.

Untuk itu, dapat memberikan sinergi yang kuat antara Kwarran dengan Pihak Sekolah dalam upaya mendidik karakter bangsa peserta didik melalui kepramukaan.

” Kami berharap dengan kegiatan ini dapat memberikan nilai semangat dalam menjalankan kegiatan kepramukaan untuk meningkatkan pendidikan karakter melalui gerakan pramuka.” ujarnya.

Baca Juga

Berdasarkan Undang-undang No 12 tahun 2010 tentang Kepramukaan. Pendidikan Kepramukaan menjadi kegiatan ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah.

Disamping itu, Ketua Kwarcab Lombok Timur Drs. H.Gufranuddin. MA mengatakan mengajak semua sekolah untuk menyiapkan diri sebagai Gugus Depan yang unggul untuk mengikuti Lomba Gugus Depan tingkat Nasional.

Kelemahan kita disitu menyiapkan administrasi untuk menjadi gugus depan yang unggul. Karena sekolah-sekolah belum memiliki admistrasi kepramukaan bahkan banyak sekolah yang belum punya pembina Pramuka yang sudah ikuti pendidikan kepramukaan.

” Diharapkan, gugus depan memiliki administrasi kepramukaan yang baik di setiap sekolah agar dapat memudahkan proses dalam melaksanakan kegiatan.” Papar Ketua Kwarcab.

Untuk menjadi pembina perlu miliki hak bina minimal pernah ikuti kursus-kursus kepramukaan sehingga kedepan dapat menjadikan peserta didik menjadi generasi muda untuk masa depan yang lebih baik.[]NP-Rji

Berita Terkait

Leave a Reply