KPPN Selong, Membangun Integritas Melalui WBBM

  • Whatsapp
GKM Kode Etik & Kode Prilaku di KPPN Selong./ Foto : Dok. KPPN Selong/www.ntbpos.com

Penulis : Bubung Anggani
Jabatan : Kepala Seksi VeraKI
Unit : KPPN Selong

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Integritas mampu menunjukkan jati diri individu maupun institusi. Namun kita tidak bisa mengatakan bahwa seseorang atau sebuah institusi berintegritas kalau kita belum mengenalnya.

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Mengenali karena terjadi interaksi antara dua atau beberapa pihak sehingga pada saat itulah kita bisa bilang bahwa orang itu atau insitusi itu memang berintegritas.

Seperti halnya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Selong, yang merupakan salah satu institusi pemerintah di lingkungan Kementerian Keuangan pada eselon I Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan menjadi kantor vertikal di daerah yang berada langsung di bawah Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

KPPN Selong memiliki visi menjadi pengelola perbendaharaan negara di daerah yang profesional, transparan dan akuntabel untuk mewujudkan pelayanan prima.

Baca Juga

Selain itu KPPN Selong memiliki misi, antara lain, mengelola penerimaan negara secara profesional dan akuntabel, menjamin kelancaran pencairan dana APBN secara tepat sasaran, tepat waktu dan tepat jumlah.

Selanjutnya, mewujudkan pelaporan pertanggungjawaban APBN yang akurat dan tepat waktu, Mengembangkan kapasitas pendukung pengelolaan perbendaharaan negara di daerah yang handal, profesional dan modern.

Untuk mengemban visi dan misi tersebut, diperlukan integritas pimpinan dan seluruh jajarannya karena dana APBN yang dikelola merupakan salah satu instrumen Pemerintah dalam membangun perekonomian masyarakat.

Berkaitan dengan hal tersebut maka KPPN Selong telah menempuh kegiatan-kegiatan dalam rangka menjaga dan meningkatkan integritas para pegawainya antara lain melalui kegiatan gugus kendali mutu kode etik dan kode perilaku, internalisasi nilai-nilai Kementerian Keuangan, sosialisasi kerangka penguatan integritas, bimbingan mental dan sebaginya.

Buah dari komitmen menjaga integritas pada kantor KPPN Selong adalah telah ditetapkannya sebagai unit berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi pada tahun 2019 dan pada tahun 2021 KPPN Selong ditunjuk untuk mengikuti penilaian unit instansi pemerintah yang melaksanakan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Penunjukan tersebut tentunya membuat pihak KPPN Selong harus lebih menjaga dan meningkatkan integritas, karena dengan penunjukan untuk mengikuti penilaian unit yang melaksanakan pembangunan ZI menuju WBBM maka KPPN Selong dituntut untuk mampu memberikan pelayanan kepada para stakeholder kami dengan lebih baik lagi dan terus berinovasi untuk peningkatan layanan.

Semua itu tentunya dilandasi dengan integritas para pegawainya untuk selalu bersikap baik, anti korupsi dan selalu memberikan layanan terbaiknya sebagai ASN Kemenkeu.

Pada tanggal 16 November 2021, KPPN Selong telah mengikuti field evaluation penilaian WBBM oleh TPN dari Kemenpan RB. Dengan semangat WBBM, kami bertekad menjaga integritas demi terwujudnya wilayah birokrasi bersih dan melayani. np

Berita Terkait

Leave a Reply