Komitmen Bangun Desa Wisata, H. Nurman : Dam Bangka Skala Prioritas

  • Whatsapp
Calon Kepala Desa Kotaraja, No. 5 H. Nurman saat orasi politik, Kamis, 22 Juli 2021. Foto: Istimewa/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Desa Kotaraja, Kecamatan Sikur, Lombok Timur Nusa Tenggara Barat (NTB) berpotensi menjadi salah satu desa untuk pengembangan wisata. Kendati Desa Kotaraja diapit oleh desa wisata lain yang telah lebih dahulu dikenal, seperti Desa Tete Batu dan Desa Kembang Kuning.

Bagi calon Kepala Desa (Kades) Kotaraja No. urut 5, H. Nurman, pengembangan desa wisata salah satu program unggulan disamping program lainnya yang tak kalah penting untuk meningkatkan pemasukan bagi desa ( PADes).

Dam Bangka, salah satu potensi yang akan dikembangkan. Wisata ini menurut H. Nurman dalam kampanyenya dihadapan masyarakat Desa Kotaraja, justru akan lebih meningkatkan pendapatan desa apabila dikelola secara maksimal.

“Perlunya bagi kita semua untuk meningkatkan PADes melalui sektor-sektor kreatif lainnya, seperti pengembangan wisata-wisata desa yang menarik yang dapat meningkatkan pendapatan untuk desa dan masyarakat,” papar H. Nurman

Lebih jauh dikatakan mantan Kades Kotaraja beberapa waktu lalu ini, untuk memajukan desa, tidak boleh hanya mengandalkan Anggaran Dana Desa (ADD) saja. Namun, harus lebih inovasi dan kreatif, supaya anggaran desa dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pendapatan desa yang berkelanjutan. Tentunya, berdampak bagi kesejahteraan masyarakat secara global.

Baca Juga

“Pengembangan desa wisata ini akan berdampak besar bagi masyarakat. Disitulah akan kelihatan multiflier effect bagi kemaslahatan Desa Kotaraja,” jelas H. Nurman.

Sementara itu, Fikri salah satu tokoh masyarakat di Marang, merespon positif agenda besar Cakades Kotaraja dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kotaraja.

Desa wisata menjadi trend dan harus dikembangkan. Apalagi, potensi Desa Kotaraja untuk dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata dinilai sudah cukup layak.

“Kami senang dengan kegiatan seperti ini. Dan semoga tetap dilaksanakan sebagai respon positif masyarakat atas keluhan-keluhan yang belum terakomodir selama ini,” terang Fikri.

Disatu sisi, kata Fikri, program pengembangan desa wisata akan menjadi sumber pemasukan baru bagi masyarakat dan desa.

Selaras yang dikemukakan Ketua Tim Pemenangan Pilkades No. urut 5, Fathurrahman.

Bang Fathur sapaan akrabnya mengaku, agenda-agenda kreatif akan menjadi program skala prioritas apabila masyarakat mempercayakan H. Nurman menjadi Kepala Desa Kotaraja untuk 6 tahun kedepan.

“Insha Allah kedepan, jika masyarakat Kotaraja mempercayakan amanah kepada H. Nurman, banyak agenda-agenda kreatif yang bisa kita lakukan bersama-sama untuk memperkenalkan Kotaraja hingga ke pentas Internasional,” papar Bang Fathur.

Dijelaskan juga Bang Fathur, pemberdayaan karang taruna dan anak muda tak luput dari perhatian. Bahkan, ia akan memberi kesempatan memjadi agen-agen perubahan Kotaraja.

“Tidak boleh anak muda sebagai penonton. Dana desa kita besar, jika kita kelola dengan baik secara transparan dan bersama-sama. Kotaraja akan maju dan mandiri,” terang Bang Fathur.  (*)

Berita Terkait

Leave a Reply