Kejar Target 70% Vaksin, Pemda Lotim Maksimalkan Fungsi Kades

  • Whatsapp
Komandan Kodim 1615/ Lombok Timur, Letkol Inf. Amin M. Said,(Kiri) dan Sekretaris Daerah, H. M.Juaini Taofik (Kanan). / Foto : Unrara Angan/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Dalam rangka menggenjot capaian target 70% vaksin di Kabupaten Lombok Timur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) meminta semua Kepala Desa (Kades) di Lombok Timur lebih proaktif.

Menjelang gelaran balapan motor Superbike di sirkuit Mandalika bulan November mendatang, kegiatan vaksinasi di NTB menjadi prioritas. Hal itu diungkapkan Sekertaris Daerah, H.M. Juaini Taofik sekaligus sebagai Sekretaris Satgas Covid -19.

“Satu-satunya jalan menyukseskan vaksinasi di Lotim agar sesuai target, maka harus melibatkan semua kades,“ kata Sekda pada acara ulang tahun TNI ke-76, yang juga dihadiri semua Kades Se-Lombok Timur di Makodim 1615 /Lotim, Senin, 4 Oktober 2021.

Vaksin dengan 955 ribu dosis yang harus dihabiskan, menurutnya terasa berat, tentu tidak semudah yang dibayangkan karena target vaksinasi di NTB 3500 juta jiwa.

“untuk mendatangkan vaksin dari pusat ini sesuai progres vaksinasi, jadi harus betul-betul kita rencanakan dengan matang,“ ucapnya.

Baca Juga

Selain itu, lanjutnya, Lotim harus berani mandiri tanpa bantuan Provinsi maupun Kabupaten tetangga, dengan keyakinan akan mencapai target selama dua bulan. Tentunya jika semua Kades dan Lurah ikut berperan aktif untuk pencapaian itu.

“Data masyarakat di masing-masing Desa sangat diperlukan. Melalui lembaran folmulir by name by address yang akan diberikan nantinya, kita bisa mengetahui data lengkap masyarakat yang belum vaksin tahap I maupun tahap II bisa kita deteksi,“ jelasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 1615/ Lombok Timur, Letkol Inf. Amin M. Said, mengatakan, tujuan dirinya mengumpulkan semua Kades pada momen ulang tahun TNI, semata-mata agar tataran dari tingkat bawah ikut bergerak, sehingga terjadi kolaborasi yang baik dan terpadu.

“Kita juga tetap memberikan semangat kepada Kades untuk konsisten melaksanakan tugas ini tanpa lelah,“ ucapnya.

Ia berharap kepada semua Kades supaya berkenan terlibat langsung mendata masyarakat. Sadar tugas tersebut tidaklah mudah, maka harus ada kolaborasi yang terpadu antara Pemdes dengan TNI dan Polri melalui Babinsa dan babinkamtibmas.

“Memang tugas ini tidak mudah, tapi dengan adanya sinergi dan keterpaduan yang kita bangun, insya Allah bisa terlaksana dengan baik,“ pungkasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply