Jelang Idul Fitri, Penambahan Sampah Tidak Signifikan

  • Whatsapp
M. Zaidar Rohman, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kabupaten Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Meski tingkat kebutuhan pokok masyarakat pada bulan ramadhan cukup tinggi, volume sampah di Lombok Timur tidak terjadi kenaikan yang signifikan. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, M. Zaidar Rohman.

“Kebutuhan akan bahan pokok di bulan Ramadhan memang tinggi, terlebih lagi banyak yang menggunakan bungkus plastik, dari pantauan kami jumlah penambahan sampah tidak terlalu signifikan,“ katanya, kepada NTBPOS, Senin, 10 Mei 2021.

Zaidar juga menambahkan, selama bulan Ramadhan, armada pengangkutan sampah tidak ada penambahan armada maupun jalur dari aktivitas armada tersebut bisa dilihat bahwa penambahan sampah tidak terlalu signifikan.

“Yang pasti pelayanan secara continue akan terus kami lakukan, guna meminimalisir sampah,“ jelasnya.

Dirinya juga menyebutkan, prasarana penunjang untuk alat timbangan sampah di Lombok Timur belum dimiliki DLHK Lotim, sehingga jumlah pasti berapa ton jumlah sampah perhari tidak diketahui.

Baca Juga

“Kalo untuk jumlah produksi sampah perhari memang belum bisa dipastikan tetapi pada bulan Ramadhan ini ada penambahan,“ ujarnya.

Lebih jauh, Zaidar menghimbau kepada masyarakat, mendekati Idul Fitri agar masyarakat memilah sampahnya dan menyimpannya terlebih dahulu karena tenaga kebersihan DLHK Lotim libur dan kembali masuk H+3 Lebaran.

“Silahkan masyarakat menyesuaikan, sampahnya disimpan dulu dengan cara yang baik selama 3 hari, jangan dikeluarkan dipinggir jalan dulu, InsyaAllah tidak bau, nanti hari keempat diangkut,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply