Ibu Hamil 13-34 Minggu dan Sehat Fisik Boleh Terima Vaksin

  • Whatsapp
Ibu-ibu Hamil Yang Sudah Menerima Vaksin dari Petugas Kesehatan Puskesmas Sakra./ Foto : Hirpan Maulana/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR – Keluarnya Surat Edaran (SE) tentang vaksinasi Covid-19 bagi Ibu hamil (Bumil), Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim) langsung merespon dengan melakukan vaksinasi serentak untuk Bumil mulai hari ini, Selasa, 14 September 2021.

Salah satu lokasi vaksinasi untuk Bumil hari ini dilakukan di halaman Polindes Desa Rumbuk. Puluhan Bumil dari beberapa Desa cukup antusias untuk mendapatkan vaksin dari petugas Puskesmas Sakra. Hal itu diungkapkan Erna, Koordinator Bidan Kecamatan Sakra disela-sela acara.

“Vaksinasi ini dosis pertama khusus untuk Bumil dan jenis vaksin yang digunakan adalah sinovak dan beberapa minggu kedepan akan dijadwalkan lagi untuk menerima dosis kedua,“ jelasnya.

Vaksinasi dilaksanakan sesuai dengan standar keamanan kesehatan. “Vaksinasi untuk Bumil ini sedang di uji dan di percaya baik untuk meningkatkan imunitas Bumil,“ lanjutnya untuk menyakinkan bahwa vaksinasi itu aman untuk Bumil.

Sedangkan untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi harus memenuhi beberapa persyaratan seperti usia kandungan dan kondisi Bumil. “Yang boleh divaksin hanya Bumil yang sudah 13-34 Minggu dan harus sehat visik,“ ujarnya.

Baca Juga

Ditempat yang berbeda, Camat Sakra Ahmad Subhan mengatakan, pihaknya hanya bisa menyiapkan lokasi kegiatan vaksinasi supaya sesuai dengan standar Prokes.

“Kami hanya menyiapkan aula kantor camat sebagai lokasi vaksinasi dan untuk jumlah sasaran kami siapkan 245 disini dan 168 di polindes Rumbuk,“ terangnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply