HUT TNI AL Ke-76, Ribuan Vaksin Lanal Mataram untuk Nelayan di Lotim

  • Whatsapp
Dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke 76, Lanal Mataram melakukan serbuan vaksinasi di Pelabuhan Perikan TPI Labuhan Lombok, Pringgabaya, Lombok Timur, NTB, Kamis, 2 September 2021. Foto: Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI Angkatan Laut ke 76 tahun, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Mataram kembali melakukan serbuan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat maritim atau nelayan di Lombok Timur .

Kali ini Lanal Mataram menggelar vaksinasi di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Labuhan Lombok, Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Kamis 02 September 2021.

Serbuan Vaskinasi kepada masyarakat maritim dipimpin langsung Komandan Lanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Timur, Kapolres Lombok Timur, Kepala Bidang Perikanan Kabupaten Lombok Timur, Camat Pringgabaya dan Kades Labuhan Lombok.

Lanal Mataram menyiapkan 1000 dosis vaksin jenis Sinovac dan Astrazeneca baik dosis pertama maupun kedua dan menurunkan 40 orang vaksinator terdiri dari Vaksinator Balai Kesehatan (BK) Lanal Mataram, PPK Kodim/1615 Lotim, bagian Kesehatan Lanud ZAM, Bidokes Polda NTB dan Puskesman Labuhan Lombok.

Pada kesempatan itu Danlanal Mataram didampingi tamu undangan dan Vaksinator Lanal Mataram menyisir kapal nelayan yang baru pulang melaut mencari ikan untuk diberikan vaksin langsung diatas kapal dan dilanjutkan peninjauan kegiatan serbuan vaksinasi di TPI Labuan Lombok.

Baca Juga

Danlanal Mataram Kolonel Laut (P) Suratun, S.H., mengatakan serbuan vaksinasi yang dilakukan sesuai intruksi Presiden RI dan Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam upaya mengatasi pandemi Covid-19 sekaligus memperingati HUT TNI Angkatan Laut ke 76 tahun.

“Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang antusias mengikuti serbuan vaksin ini semoga 1000 dosis vaksin yang dibawa hari ini dapat terdistribusikan semua dan apabila kurang akan segera dijadwalkan untuk vaksinasi berikutnya dan semoga target vaksinasi nasional dapat tercapai dikahir tahun ini,” kata Suratun.

Sementara itu, Kepala dinas kesehatan Kabupaten Lombok Timur, Dr. H Paturrahman menjelaskan target vakainasi di Lombok Timur sekitar 70 persen dari jumlah penduduk sebanyak 1,3 juta jiwa.

“Kalau 70 persen itu sekitar 950.000 an yang akan harus segera vaksin, sekarang ini di angka 123 ribu atau sekitar 15,95 persen yang sudah divaksin. Jadi, masih banyak warga yang belum divaksin,” kata Pathurrahman.

Karena itu, kata Pathurrahman, perlu menjadi atensi bagi masyarakat yang belum mendapatkan vaksin. Pathurrahman juga mengucaoakan terima kasih kepada Lanal Mataram yang mendatangkan ribuan vaksin ke Lotim.

“Mewakili Pemda Lombok Timur, kami ucapkan terimakasih kepada Lanal Mataram yang telah melaksanakan vaksinaai kepada ribuan nelayan di Lotim, kalau hari ini 1000 vaksin mungkin besok besok bisa 10.000,” ujarnya.

Diahir pelaksaan vaksinasi, Danlanal Mataram berpesan agar tetap menjaga protokol kesehatan dan menerapkan 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) untuk menghidari terpapar Covid-19. np

Berita Terkait

Leave a Reply