Gangguan Internet Akibat Badai Petir, Segera Diperbaiki

  • Whatsapp
Ahmad Masfu, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Lombok Timur. / Foto: Hirpan Maulan/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR – Situasi dan kondisi cuaca sekarang ini, sangat riskan terhadap perlatan elektronik dan mengganggu program internet pintar, karenanya sangat diharapkan peran serta masyarakat agar segera menginformasikan segala bentuk gangguan alam ini.

Salah satunya badai petir yang bisa merusak dan memutuskan jaringan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Lombok Timur, Ahmad Masfu, kepada NTBPOS.CO di ruang kerjanya, Selasa, 16 Maret 2021.

Setiap informasi kerusakan dan gangguan jaringan internet ini, katanya, dapat segera kita ketahui melalui Whatshap Group atau menghubungi operator, sehingga dapat juga dengan segera kita meminta kepada pihak ketiga ( PT. PSP ) untuk segera melakukan perbaikan.

“Artinya, selama tidak ada kendala, tentunya setiap gangguan dan kerusakan akan segera ditangani, karena ini memang tanggung jawab dari pihak perusahaan,“ tegasnya.

Kerangka acuan dalam program internet pintar dan murah ini, lanjutnya, sudah sangat jelas dan termuat dalam klausul perjanjian yang telah kita sepakati.

Baca Juga

“Kami di Kominfo, sejauh ini sudah sangat maksimal menjalankan program pemerintah ini, dari bulan September lalu, dengan konsep mengedepankan kebutuhan masyarakat dengan biaya murah,“ katanya.

Apapun persoalan yang muncul terkait dengan jaringan dan lain-lain, tutur Masfu, sudah ada kesepakatan bahwa itu adalah tanggung jawab dari pihak ketiga yang telah membangun kerjasama dengan pemerintah daerah.

“Jadi, informasi dari masyarakat ini, kita sampaikan kepada pihak PT untuk segera ditindaklanjuti, melakukan pengawasan untuk 254 Desa dan Kelurahan yang terjangkau program ini, tentunya kita mengalami kesulitan, sehingga kita bikin WA Group dan memberikan kontak person gangguan, kepada masing-masing desa dan kelurahan, apabila ada permasalahan yang muncul,“ paparnya.

Dari  28 Tower dan 208 akses poin yang tersebar di 254 Desa dan Kelurahan, ungkap Masfu, Sejauh ini  belum mendapatkan keluhan dari masing-masing desa yang di layani LOTIM Net ini.

“Itu dari bulan September 2020 sampai Maret 2021, tidak ada keluhan sama sekali, tetapi sejak beberapa bulan terakhir, cuaca ekstrim ini banyak mengakibatkan gangguan dan jaringan terputus, bahkan di beberapa titik, peralatan rusak akibat badai petir, sehinggga teknisi dari PT PSP sedang melakukan perbaikan,“ tandasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply