Gandeng PT. Johnson’s, IBI Kabupaten Bima Gelar Seminar Perawatan Bayi

  • Whatsapp
Seminar kerjasam PT. Johnso’n dan Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ). / Foto : Herman La Dewa

BIMA, NTBPOS.com – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Bima mengelar Seminar bersama PT. Johnsons dengan mengusung tema; “Perawatan Kulit Terbaik dan Stimulasi Pijat Bayi Untuk Kecerdasan Dan Tumbuh Kembang Yang Optimal ” bertempat di Gedung SMK 3 Kota Bima, Jum’at, 4 Oktober 2019.

Bupati Bima yang diwakili oleh Staf Ahlinya, H. Arifudin dalam sambutanya menyampaikan, workshop/seminar yang dilaksanakan sangat penting guna menjamin kesehatan. Terutama perawatan tepat bagi bayi sejak awal, sehingga dapat mengoptimalisasikan potensi tumbuh kembang anak sejak bayi.

Hal ini tanpa disadari, rutinitas perawatan bayi yang biasa dilakukan merupakan bentuk stimulasi kepada bayi sehingga akan terpengaruh terhadap tumbuh kembangnya kelak. Dengan adanya stimulasi pijat pada bayi ini dapat berdampak pada masalah gizi. Sebab, salah satu penyebab stunting (anak bertumbuh pendek) adalah disebabkan nutrisinya yang tidak terpenuhi saat dalam kandungan. Namun, kekurangan ini dapat di kejar sebelum anak berusia 2 (dua) tahun dengan tehnik dipijat.

Tentunya, dengan gerakan pijat dari ujung kepala hingga ujung kaki akan membuat tubuh lebih mudah menyalurkan nutrisi yang ada di pembuluh darah. Sehingga otomatis selera makannya pun akan membaik dan bayi akan lebih banyak menerima nutrisi dari Air Susu Ibu (ASI), sambung Arifudin.

Dijelaskan juga, berdasarkan hasil riset saat ini menunjukkan bahwa dengan melakukan pijat pada bayi secara rutin terutama pada bagian perut, akan menambah berat badan pada bayi serta bagi bayi yang lahir prematur juga berat badanya akan meningkat hingga 47 porsen.

Baca Juga

Sementara Ketua Panitia penyelenggara ST. Fatmah, A. Md. Keb disela sela kegiatanya menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan merupakan kegiatan Seminar menjaga kulit bayi serta tehnik pijat pada bayi dengan mengandeng PT. Johnson.

Adapun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan seminar sebanyak 500 orang yang kesemuanya merupakan anggota IBI se Kabupaten Bima, “Kegiatanya dilakukan selama 2 (hari). Hari pertama hari ini (Jum’at, 4/10 red) di ikuti sebanyak 250 peserta dan dilanjutkan besok (Sabtu 5/10 red) dengan materi teori dan praktek yang terbagi dalam dua kelas”, ungkapnya.

Materi seminar yang diberikan di bagi dua, pertama para peserta dibelaki denga materi teori yang di isi oleh nara sumber dari pihak Johnson dan juga Bidan senior dari IBI.

Ketua IBI berharap dengan dilakukan seminar/workshop ini kedepanya para bidan dapat memahami pentingnya pengetahuan cara merawat bayi dengan benar serta stimulasi pijat bayi yang merupakan salah satu bagian penting untuk tumbuh kembang bayi yang optimal.

Selain itu, sambungnya, sasaranya para peserta bidan ini juga dapat memahami pentingnya peran kulit bayi dalam kesehatan serta tata cara yang tepat dalam perawatan bayi sejak lahir tentunya dengan sentuhan “CINTA”. Tandasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, selain dihadiri oleh Staf Ahli Bupati, juga hadir Ketua GOW sekaligus Ketua TP PKK Kabupaten Bima Hj. Rostiati Dahlan, S. Pd, para perwakilan dari PT. Johnson serta 250 peserta dari IBI Kabupaten Bima. [] NP-Hrm

Berita Terkait

Leave a Reply