Diusia 126 Tahun, Lotim Peringkat 57 Dari 434 Kabupaten di Indonesia

  • Whatsapp
Bupati Lombok Timur saat Menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Jadi Lotim. Foto : Istimewa/www.ntbpos.co

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Perayaan hari jadi Ke-126 kabupaten Lombok Timur berlangsung sederhana dengan tema ‘Tangguh Tumbuh Bersama’, ditengah perjuangan pemerintah melawan ancaman pandemi Vovid-19 yang hingga kini masih terasa dampaknya.

Dengan penerapan protokol kesehatan, perayaan yang dilakukan di halaman kantor Bupati tersebut diisi dengan serangkaian kegiatan, seperti pelantikan 29 kepala desa terpilih pada Pilkades serentak pada 28 Juli 2022 lalu hingga penyerahan beberapa penghargaan.

Bupati Lombok Timur, H. M. Sukiman Azmy dalam amanatnya mengatakan, hari jadi yang ke-126 ini bukan persoalan angka semata, melainkan lintasan sejarah panjang yang telah dilalui hingga sampai pada titik hari ini, Selasa, 31 Agustus 2021.

Sejalan dengan tema tahun ini, dari waktu ke waktu Daerah Lombok Timur terus bertumbuh, bahkan pada masa pandemi yang memunculkan berbagai tantangan.

“Tantangan itu justru menjadikan kita semakin tangguh dan bekerja lebih keras untuk meraih prestasi yang lebih baik, Lombok Timur dengan ketangguhan tersebut terus mencari cara untuk tumbuh dan berkembang,“ tegasnya.

Baca Juga

Dikatakan Bupati, pemerintah terus berupaya agar selalu ada perkembangan dan pertumbuhan sekecil apa pun, mulai dari ekonomi, kesehatan, pendidikan hingga infrastruktur.

Salah satu upaya itu adalah dengan memperkuat Desa menjadi ujung tombak kemajuan pembangunan sehingga Desa-desa di Lombok Timur terus berkembang, tidak saja dari segi kuantitas melainkan juga kualitasnya.

“Berdasarkan indeks Desa membangun atau IDM yang dirilis Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, sudah tidak ada lagi kategori Desa tertinggal di Kabupaten Lombok Timur,“ paparnya.

Selain itu, dari 239 Desa di Lotim, 19 Desa diantaranya sudah merupakan Desa Mandiri, 129 Desa sudah terkategori Desa maju dan 91 masuk dalam katagori Desa berkembang.

Sementara dari seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia, Lombok Timur berada di peringkat 57 dalam kategori maju. Status ini naik dari tahun sebelumnya yang ada di katagori berkembang.

“Ini adalah sebuah prestasi menggembirakan dan harus menjadi pemacu semangat kita untuk terus bergerak melenting naik,“ tandasnya.

Selain itu, yang tidak kalah menggembirakan adalah, diajukannya Desa Wisata Tete Batu, Kecamatan Sikur oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
sebagai salah satu desa wisata terbaik pada ajang Best Tourism Village yang diinisiasi badan pariwisata PBB.

Hal itu merupakan sebuah kebanggaan bagi masyarakat Lombok Timur, sebab dari 70. 000 Desa wisata di seluruh Indonesia, Tetebatu terpilih mewakili Indonesia.

Hal ini juga dapat kita katakan sebagai apresiasi terhadap kinerja dan potensi Pariwisata Kabupaten Lombok Timur sehingga semua elemen berkewajiban memberikan dukungan dengan menciptakan suasana kondusif dan iklim yang menyenangkan.

Mengingat peran strategis dari desa, dua hal tersebut menjadi penting dalam perjalanan sejarah Kabupaten Lombok Timur, demikian pula dengan kepala desa, sebagai Kepala Wilayah memiliki peran yang sangat penting mendorong percepatan kemajuan dan perkembangan pembangunan di wilayahnya masing-masing.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati menyampaikan terima kasih yang tulus kepada semua pihak, termasuk masyarakat Lombok Timur yang berkontribusi bagi kemajuan bumi Patuh Karya di berbagai bidang.

“Jangan lelah berkarya, tetaplah kuat dan saling menguatkan, jadilah tangguh untuk kita dapat tumbuh bersama mewujudkan Lombok Timur yang adil sejahtera dan aman,“ pungkasnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply