Disnakertrans Lotim Berupaya Tingkatkan Kompetensi PMI

  • Whatsapp
M. Hirsan, Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Timur.[]np/M. Ragil Sopiyan Sauri

LOMBOK TIMUR – Dalam menekan jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) untuk mengadu nasib ke Malaysia, terlebih lagi dengan adanya pandemi Covid-19, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Lombok Timur, akan mengupayakan untuk meningkatkan kompetensi wirausaha kepada masyarakat.

Karena dengan ditopang oleh kompetensi dan skill, secara otomatis calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) Lombok Timur, akan mampu berwirausaha tanpa harus mencari nafkah ke luar Negeri.

Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja, M. Hirsan, mengatakan, pemerintah tetap akan melakukan pelatihan kompetensi, agar masyarakat mampu berwirausaha, agar tidak terfokus ke Malaysia, katanya, saat dijumpai ntbpos dikantornya, Rabu, 27 Januari 2021.

“Pemerintah masih berupaya untuk meningkatkan kompetensi wirausaha masyarakat, melalui Loka Latihan Kerja (LLK), dan Balai Latihan Kerja (BLK), agar masyarakat mampu berwirausaha tanpa harus ke luar negeri,“ ungkapnya.

Hirsan juga menjelaskan bahwa, strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat melalui LLK adalah menggunakan metode Three in One.

Baca Juga

“Kami memberikan pelatihan, praktik dan penempatan, mengingat LLK sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan agar bisa mengakomodir masyarakat yang selesai dari LLK,“ katanya.

Dirinya juga mengakui bahwa, masyarakat terpaksa untuk merantau keluar negeri karena himpitan ekonomi, serta minimnya peluang kerja di Lotim, untuk itu dirinya berupaya meningkatkan kompetensi masyarakat agar tidak menjadi buruh kasar. np/gil

Berita Terkait

Leave a Reply