Dinas PMD Lotim Segera Cairkan BHPRD Untuk Desa

  • Whatsapp
M. Hairi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Lombok Timur./ Foto : M. Ragil Sopiyan Sauri/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Memasuki penghujung tahun, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) kabupaten Lombok Timur akan kembali merealisasikan Bagian Hasil Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (BHPRD) 2021 kepada semua Desa di Lombok Timur.

Kepala Dinas PMD, M. Hairi mengaku sudah menyampaikan kepada semua Desa untuk mengajukan pencarian. Perlu diketahui BHPRD tersebut merupakan insentif pajak, akan tetapi sampai akhir tahun 2021 besaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Lombok Timur tidak sampai pada angka 50 persen.

“Untuk Desa silahkan melakukan pengajuan pencarian,“ katanya, Senin, 20 September 2021.

Hairi menambahkan, nantinya besaran BHPRD berpengaruh terhadap jumlah PBB setiap Desa, akan tetapi pada tahun ini dirinya menyayangkan tidak terealisasinya PBB pada Desa, mengingat tidak ada yang bertanggung jawab ketika hal tersebut terjadi.

“Realisasi PBB berpengaruh terhadap Besaran BHPRD masing-masing Desa,“ ujarnya.

Baca Juga

Masih kata Hairi, jumlah keseluruhan BHPRD 2021 sekitar 15 miliar dan sudah ada di BPKAD, dengan kalkulus pencairan 50 persen selama 2 tahap berlaku untuk semua Desa.

Lebih jauh Hairi berpesan agar Pemerintah Desa dapat merealisasikan PBB, hal tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan Pendapatan Daerah dan dirasakan bersama.

“Untuk Kepala Desa mari sukseskan PBB tersebut,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply