Dinas Peternakan Lotim Tingkatkan Kompetensi Tenaga Insiminator

  • Whatsapp
drh. Achsan Nasirul Huda, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Lombok Timur./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR – Guna menghindari dan mengantisipasi penyebaran virus anthrax terhadap ternak sapi milik warga di Lombok Timur, yang berimbas terhadap nilai jual dan kualitas hewan ternak tersebut.

Sehingga Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan pelatihan kepada tenaga Suntik Hewan (insiminator) , mengingat jumlah tenaga kawin suntik di Lotim sendiri sebanyak 108 orang.

Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Achsan Nasirul Huda, sebanyak 108 tenaga insiminator di Lotim yang menerima pelatihan tahun ini.

Achsan menambahkan, pelatihan tersebut juga sebagai upaya peningkatan kompetensi dan agar diakui eksistensinya, mengingat pelatihnya berasal dari Kementerian langsung, serta ketika membuka izin praktek lebih mudah.

“Ini seperti uji kompetensi insiminator, sehingga ketika membuka izin praktek lebih mudah,“ ujarnya, Rabu, 15 September 2021.

Baca Juga

Lebih jauh Achsan berharap dengan kegiatan tersebut dapat menekan penularan penyakit pada hewan peliharaan dan bisa menghasilkan tenaga insiminator yang kompeten pada bidangnya.

“Semoga kegiatan tersebut dapat meningkatkan kompetensi para tenaga insiminator,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply