Dinas Kominfo Lotim Mengklaim Command Centre Siap Beroperasi

  • Whatsapp
Tampak Depan, Bangunan Command Centre Yang Digagas Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Lombok Timur./ Foto : Istimewa/www.ntbpos.com

LOMBOK TIMUR, NTBPOS.com – Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik agar lebih efesien, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Lombok Timur, mengklaim sudah merampungkan pembangunan Command Centre Smart City (CCSC) .

Kepala Dinas Kominfo Sandi Lombok Timur, Ahmad Masfu mengatakan, CSCC hadir untuk menjawab kemajuan arus globalisasi yang sangat pesat ditengah masyarakat.

Selain itu, juga sebagai sentra data terpadu masyarakat yang nantinya dengan data tersebut, Bupati lebih spesifik dalam mengeluarkan kebijakan.

“Nantinya pada program tersebut ada semacam Bank data, yakni satu data yang bisa diakses oleh pimpinan tanpa harus menghubungi OPD terkait,“ katanya kepada NTBPOS, Selasa, 2 November 2021.

Command Centre tersebut, lanjut Masfu, akan didukung oleh program Lotim Net yang diluncurkan tahun lalu, kendati hingga saat ini jaringannya masih belum optimal 100% untuk memenuhi akses internet masyarakat.

Baca Juga

“Jadi dalam Smart City, Command Centre dan Lotim Net sejatinya berjalan beriringan,“ tambahnya.

Masih kata Masfu, kini pengerjaan fisik sudah 99 rampung, sehingga saat ini pihaknya sedang melakukan integrasi data dengan OPD, dimana setiap Dinas harus menempatkan satu operator yang kemudian berkoordinasi dengan operator yang disiapkan Kominfo.

“Sekarang masuk tahap integrasi data dengan para OPD,“ terangnya.

Lebih jauh Masfu menjelaskan, guna memudahkan akses dengan OPD, Diskominfo sudah menyiapkan Kabel FO, sehingga tidak ada kekhawatiran akan akses tersebut.

“Kami sudah siapkan kabel FO juga sebagai alat untuk mempermudah akses,“ tutupnya. np

Berita Terkait

Leave a Reply